Amerika

James Comey dan Memo Misterius Trump yang Bocor ke New York Times

Sabtu, 10 Juni 2017 – 05.58 Wib,

SALAFYNEWS.COM, WASHINGTON – James Comey telah memberi kesaksian di depan Komite Intelijen Senat AS dan akhirnya terungkap tentang ‘memo misterius Trump’ yang bocor ke New York Times, yang melibatkan Donald Trump dalam menyarankan hal tersebut berdasarkan pendapat pribadinya. FBI harus mempertimbangkan untuk memutuskan apa yang dirasakan Trump adalah sebuah non-kasus melawan mantan Penasihat Keamanan Nasional Michael Flynn. (Baca: Analis: Trump Angkat Sosok Anti Islam Sebagai Penasehat Keamanan Nasional)

Comey membenarkan tindakan terselubungnya dengan mengatakan bahwa hal itu ada dalam kepentingan publik, tapi jika Comey sangat menganggap itu adalah untuk kebaikan publik mengapa dia secara diam-diam membocorkan isi memo pribadinya ketimbang maju ke depan umum?

Penjelasannya ini tampak lemah dan tidak memuaskan dalam menjawab hal ini.

Menurut Comey, “Penilaian saya adalah, saya perlu mengeluarkannya ke publik, jadi saya meminta seorang teman untuk membagikan isi memo tersebut dengan seorang reporter”. (Baca: Comey Peringatkan Trump ‘Jika Aku Jadi Kamu, Aku Akan Takut’)

Dia terus menyatakan bahwa dia, “Tidak melakukannya sendiri karena berbagai alasan, tapi saya memintanya, karena saya pikir, itu mungkin akan membutuhkan pertemuan dengan penasehat khusus”.

Comey sepertinya tidak melanggar undang-undang apapun dalam membocorkan isi memo pribadinya ke New York Times, namun tindakannya tidak hanya berbau kerahasiaan, namun akibatnya menjadi perilaku tidak etis. Seseorang tidak bisa menjadi ‘warga negara yang peduli’ dan oportunis pada saat bersamaan. Comey memilih menjadi oportunis. (SFA)

Sumber: The Duran

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: