Headline News

Jaksa Agung Saudi Buka Suara Terkait Penangkapan Pangeran dan Menteri

Rabu, 09 November 2017 – 08.47 Wib,

SALAFYNEWS.COM, RIYADH – Pertanyaan terperinci tentang individu yang ditahan karena menjadi bagian dari penyelidikan korupsi sekarang sedang terjadi, menurut jaksa agung Saudi. Dia menambahkan bahwa fase salah satu penyelidikan selesai dan “banyak bukti” telah dikumpulkan.

Baca: Mohammed bin Salman Semakin ‘Menggila’ di Kerajaan Arab Saudi

Menurut laporan sebelumnya di media Arab Saudi, setidaknya 11 pangeran Saudi dan empat menteri pemerintah ditahan. Pangeran Alwaleed bin Talal, salah satu orang terkaya di dunia, dilaporkan berada di antara mereka yang ditangkap sebagai bagian dari penyelidikan korupsi.

Penahanan tersebut “tidak mewakili start, tapi selesainya Tahap Satu dari dorongan anti-korupsi kita,” ungkap Sheikh Saud Al Mojeb, jaksa agung Saudi. Dia juga mengatakan bahwa penyelesaian tahap pertama adalah diperlukan “untuk menjaga integritas proses hukum dan memastikan tidak ada pelarian dari keadilan.”

Laporan tentang penahanan dilakukan beberapa jam setelah komite anti-korupsi yang diketuai oleh Putra Mahkota Mohammed bin Salman dibuat dengan keputusan raja Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud.

Baca: Mohammed Bin Salman Tangkap 11 Pangeran dan 4 Menteri Arab Saudi

Menurut keputusan tersebut, panitia baru dibebaskan dari “undang-undang, peraturan, instruksi, perintah dan keputusan” saat melaksanakan tugasnya yang luas, yaitu “mengidentifikasi pelanggaran, kejahatan, orang dan entitas” yang terlibat dalam korupsi, dan memberikannya kekuatan untuk menerapkan tindakan hukuman terhadap orang-orang yang tertangkap basah, termasuk pembekuan aset, larangan bepergian, dan penangkapan.

Raja Saudi membuat janji baru di tengah tindakan keras anti-korupsi

Baca: Analis: Kudeta Terselubung Putra Mahkota Saudi

Raja Arab Saudi Salman menunjuk seorang kepala baru Garda Nasional dan menteri ekonomi baru pada hari Senin. Pangeran Khalid bin Ayyaf al-Muqrin telah mengambil alih Garda Nasional, sementara Mohammad al-Tuwaijri telah disumpah sebagai menteri ekonomi, kantor berita resmi Saudi Press Agency (SPA) melaporkan. Pendahulu mereka, Pangeran Miteb bin Abdullah, seorang komandan lama Garda Nasional, dan mantan menteri ekonomi Adel Fakeih dilaporkan berada di antara mereka yang ditangkap sebagai bagian dari penyelidikan anti-korupsi. (SFA)

Sumber: RT

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: