Headline News

Jaksa Agung Saudi: 56 Tokoh Penting Riyadh Masih dalam Penjara

Rabu, 31 Januari 2018 – 08.13 Wib,

SALAFYNEWS.COM, RIYADH – Jaksa Agung Arab Saudi Sheikh Saud al-Mojeb mengatakan 56 dari 381 tokoh elit yang sebelumnya ditahan sebagai bagian dari kampanye anti korupsi masih dalam tahanan.

Mojeb mengatakan pada hari Selasa bahwa dia telah memutuskan untuk membebaskan semua elit yang terbukti tidak bersalah dan mereka yang telah setuju untuk membayar denda kepada pemerintah setelah mengakui tuduhan korupsi.

Baca: Pangeran Turki Bin Bandar Buka-Bukaan Soal Raja Salman dan Para Pangeran Saudi

Jaksa Agung Saudi mencatat bahwa total denda dari para tersangka melampaui $ 107 miliar dalam bentuk aset.

Mojeb mengatakan pada bulan Desember bahwa mayoritas tersangka yang ditahan di hotel Ritz-Carlton Riyadh menyetujui ganti rugi yang dibebankan dengan imbalan kebebasan mereka.

381 pengusaha dan bangsawan Saudi ditangkap pada bulan November 2017 dalam sebuah “kampanye anti-korupsi” yang dipelopori oleh Putra Mahkota Mohammed bin Salman.

Baca: Inilah Misteri Dibalik Panangkapan Petinggi dan Pangeran Riyadh oleh Mohammed bin Salman

Pengamat mengatakan bahwa kampanye tersebut sebenarnya dimaksudkan untuk mengkonsolidasikan kekuatan bin Salman dan membungkam pengkritiknya. Ada laporan tokoh Saudi berprofil tinggi dipukuli dan disiksa saat berada dalam tahanan.

Pembersihan tersebut mengirim gelombang kejut, dimana sejumlah laporan mengatakan bahwa banyak milyarder memindahkan aset mereka keluar dari wilayah tersebut untuk menghindari perangkapan dalam tindakan keras tersebut.

Rezim Riyadh kemudian mulai mengamankan kesepakatan penyelesaian denda dengan para tahanan berpendidikan tinggi, menerima jumlah yang lumayan dengan imbalan kebebasan mereka.

Pangeran mahkota Saudi, Mohammed bin Salman dilaporkan juga terlibat sejumlah kasus pencucian uang seperti pembelian lukisan dan real estat mahal.

Baca: Mohammed bin Salman Semakin ‘Menggila’ di Kerajaan Arab Saudi

Bin Salman dilaporkan menggunakan “proxy” untuk membeli lukisan Leonardo da Vinci dari Salvator Mundi, yang dijual seharga $ 450 juta dari rumah lelang, dan kapal pesiar seharga $ 500 juta.

Penyelidikan The New York Times secara mengejutkan menyebut putra mahkota Saudi sebagai pemilik Chateau Louis XIV, sebuah rumah besar di luar kota Paris, yang dijual kepadanya lebih dari 300 juta dolar pada tahun 2015. (SFA)

Sumber: PTV

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: