Headline News

ISIS Rampok Ladang Minyak 80 % di Deir Ezzor Suriah

Minggu, 24 September 2017 – 16.20 Wib,

SALAFYNEWS.COM, DEIR EZZOR – Kelompok teroris ISIS menguasai hampir 80 persen ladang minyak dan sebagian besar deposit gas di provinsi Deir Ezzor, Suriah, perwakilan Perusahaan Gas Suriah di wilayah tersebut, Amin Hamid, mengatakan kepada Sputnik.

Baca: Tentara Suriah Sukses Hancurkan 12 Kendaraan Sarat Minyak ISIS di Suwayda

“Pada saat ini, hampir 80 persen sumber minyak di Deir Ezzor berada di bawah kendali ISIS. Mengenai deposit gas, hampir semuanya masih dikendalikan oleh teroris. Semua ladang minyak dan gas, terletak di sisi lain sungai Efrat (bagian utara Deir Ezzor) – seperti Conoco, Omar, Jafra, Al-Isba dan Tanak, dan sebagian besar pabrik pengolahan gas juga berada disana.”

Perwakilan tersebut mencatat bahwa infrastruktur lapangan gas telah rusak parah.

“Menurut data kami, para teroris benar-benar telah menghancurkan infrastruktur di ladang gas Omar dan Tanak, sebagian fasilitas di Conoco telah hancur juga … Rekonstruksi infrastruktur lapangan gas adalah mungkin, namun kerusakan hanya dapat dinilai Saat kita bisa mengunjungi tempat ini dan melakukan pemeriksaan dengan teliti,” kata Hamid.

Dia menambahkan bahwa para teroris telah meledakkan pipa gas di tenggara Deir Ezzor, yang menghubungkan stasiun gas Conoco dengan Homs.

Baca: Pasukan Suriah Ambil Alih Sumur Minyak Terakhir yang Direbut ISIS di Homs

Perwakilan perusahaan gas tersebut mencatat bahwa pembebasan ladang gas di provinsi Deir-ez Zor dan rekonstruksi infrastrukturnya secara signifikan akan memperbaiki pasokan listrik ke penduduk lokal di seluruh negeri. Dia juga menambahkan bahwa Conoco adalah deposit gas terbesar ketiga di Suriah, yang menyumbang 35 persen sebelum perang. Setoran gas tersebut digunakan untuk menghasilkan gas hingga 2 juta meter kubik (71 juta kaki kubik) per hari.

Baca: Intelijen Bulgaria Bongkar Bisnis Minyak Gelap Turki-ISIS di Eropa

Teroris ISIS mendapatkan kendali atas ladang gas dan minyak Deir Ezzor pada bulan April 2014. Sebelumnya pada bulan September, pasukan pemerintah Suriah yang didukung oleh Angkatan Udara Rusia Memperangkat blokade sekitar Deir Ezzor yang dikelola oleh ISIS selama beberapa tahun. Operasi pasukan Suriah untuk membebaskan kota dari militan saat ini sedang berlangsung. (SFA)

Sumber: SputnikNews

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: