Fokus

ISIS Rampok Bank-bank Milik Pemerintah Irak Ratusan Juta Dolar

Rabu, 09 Agustus 2017 – 14.43 Wib,

SALAFYNEWS.COM, IRAK – “Mengingat kejadian baru-baru ini, jumlah uang yang ditahan di semua bank tersebut, diperkirakan berjumlah 866 juta dinar (sekitar $ 730 juta), ditambah $ 101 juta. Sebagian besar deposit ini milik pemerintah Irak, termasuk Aset milik kementerian pertahanan dan kementerian dalam negeri,” kata Bank Sentral, seperti dikutip oleh penyiar Al-Sumaria. (Baca: ISIS Rampok Emas di Toko-Toko Anbar, Irak)

Menurut Bank Sentral, setelah 15 Juni 2014, militan menguasai 14 cabang bank pemerintah dan swasta di provinsi Niniwe, Saladin, Diyala dan Anbar. Pernyataan tersebut menambahkan bahwa Daesh memperoleh hingga $ 2 juta per hari dengan penjualan minyak ilegal.

“Mereka menjual 30.000 barel minyak per hari. Harga “emas hitam” ISIS adalah antara $ 25-50 sebelum penurunan harga minyak,” kata pernyataan tersebut. (Baca: ISIS bangkrut karena tak bisa lagi rampok minyak dari Irak)

Bank Sentral menambahkan bahwa banyak langkah telah dilakukan untuk melindungi sektor perbankan, termasuk penghentian kegiatan cabang, yang dikendalikan oleh para teroris. Bank Sentral juga melarang transfer uang ke cabang-cabang ini.

Daesh (ISIS) mengambil alih Mosul pada bulan Juni 2014, dan operasi yang bertujuan membebaskan kota dari teroris dimulai pada bulan Oktober 2016. Bagian timur kota dibebaskan oleh pasukan Irak dan koalisi pimpinan AS pada akhir Januari, dan pada bulan Februari, pasukan Irak mulai beroperasi untuk membebaskan Mosul Barat dari ISIS. (Baca: Rusia Bongkar Investasi Usaha ISIS di Eropa Barat)

Pada tahun 2014, gerilyawan ISIS menduduki banyak kota dan wilayah di Irak barat dan utara, termasuk Mosul, kota terbesar kedua di negara itu. Sejak tahun 2015, tentara Irak, yang didukung oleh sekutunya, telah berhasil merebut kembali beberapa wilayah yang diduduki oleh teroris ISIS. Pada tanggal 10 Juli, pemerintah Irak mengumumkan bahwa Mosul direbut kembali. (SFA)

Sumber: SputnikNews

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: