Headline News

ISIS Muncul Kembali di Deir Ezzor untuk Pukul Tentara Suriah Dibantu Dana dari AS

ISIS

Kamis, 22 Maret 2018 – 07.43 Wib,

SALAFYNEWS.COM, SURIAH – ISIS dilaporkan siap menyerang balik pasukan Suriah di Timur Deir Ezzor setelah Pasukan Demokrat Suriah (SDF) yang didukung AS menyatakan mengakhiri serangan terhadap kelompok teroris tersebut dan ketika cengkeraman militer Amerika semakin meluas di kawasan itu, seperti dilaporkan oleh FNA (21/03).

Baca: Hashd al-Shaabi: ISIS Didanai Arab Saudi dan Negara Teluk

Surat kabar al-Akhbar berbahasa Arab melaporkan pada hari Rabu bahwa ISIS menggunakan zona de-eskalasi yang diciptakan oleh koalisi pimpinan AS dengan perlindungan penuh dari serangan Suriah dan Rusia untuk melakukan reorganisasi guna meluncurkan serangan baru terhadap tentara Suriah di bagian barat Sungai Eufrat dalam upaya untuk kembali ke markas besarnya, Albukamal dan al-Mayadeen.

Surat kabar Lebanon menambahkan bahwa penghentian kerjasam AS-Kurdi dalam operasi melawan ISIS telah menyebabkan penguatan ISIS di Timur Deir Ezzor dekat perbatasan Irak, dan menyatakan bahwa AS praktis menghentikan operasinya di wilayah itu sejak menduduki minyak dan ladang gas di timur Eufrat.

Baca: Sekjen Hizbullah: AS Ciptakan ISIS dan Izinkan Negara-negara Regional Mendanainya

Sementara itu, ISIS telah membebaskan sebagian besar komandan militernya yang berkewarganegaraan Suriah dan Irak serta menggantikan mereka dengan komandan asing yang berpengaruh pada penduduk setempat yang telah menyerahkan diri mereka kepada pasukan Amerika.

Suku Kurdi juga sebelumnya mengumumkan bahwa mereka akan menghentikan operasi militer terhadap ISIS di timur Eufrat untuk mengirim lebih banyak pasukan ke Afrin untuk mempertahankan kota melawan tentara Turki dan militan yang didukung Ankara.

Sumber-sumber lapangan mengatakan pada hari Selasa bahwa AS telah mendirikan pangkalan baru di Tenggara Deir Ezzor dan mengirim senjata serta peralatan militer ke wilayah itu karena Rusia memperingatkan kemungkinan serangan pasukan AS terhadap posisi tentara Suriah.

Baca: Wikileaks Bongkar Email Hillary Tentang Aliran Dana Saudi-Qatar Untuk ISIS

Sumber tersebut mengatakan bahwa pasukan AS telah membangun pangkalan militer baru dan maju di ladang minyak al-Omar di tenggara Deir Ezzor, dan menambahkan bahwa mereka juga telah mentransfer sejumlah besar senjata dan peralatan, termasuk rudal, kendaraan militer dan peralatan jembatan ke daerah-daerah pengerahan di ladang minyak Koniko, ladang minyak al-Omar dan al-Jafreh.

Sementara itu, Pasukan Demokratik Suriah (SDF) yang didukung Washington mengirim sejumlah pasukan mereka ke daerah-daerah dekat posisi tentara Suriah di desa-desa Jiya, Salehiyeh dan al-Tabiyeh. Moskow sebelumnya memperingatkan pasukan Suriah tentang kemungkinan serangan AS di posisi mereka. (SFA)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: