Fokus

ISIS Kalah, Ratusan Warga Ghouta Timur dan Homs Pulang Kampung

Warga Ghouta Timur

LEBANON – Lebih dari 300 warga sipil kembali ke rumah mereka di provinsi Homs dan Ghouta Timur setelah tentara Suriah memulihkan keamanan ke wilayah itu, Kepala Pusat Rekonsiliasi Rusia untuk Suriah Yuri Yevtushenko mengatakan pada hari Sabtu, seperti dilansir FNA (12/05).

Baca: Pasca Ghouta Timur, Suriah-Rusia Bebaskan Dara’a dari Teroris

Pejabat militer Rusia mengatakan bahwa lebih dari 207 penduduk Ghouta Timur dan 134 orang penduduk Homs telah kembali ke rumah mereka dalam 24 jam terakhir setelah tentara memulihkan keamanan yang berkelanjutan ke wilayah tersebut.

Sementara itu, 210 warga sipil meninggalkan wilayah Tal Rifat ke kota Manbij di timur laut Aleppo selama satu hari terakhir, kata pusat itu lebih lanjut.

Yevtushenko mengatakan bulan lalu, lebih dari 59.000 warga Suriah kembali ke rumah di Ghouta Timur.

Baca: Suriah, Rusia dan Hizbullah Hajar Teroris ISIS di Homs

“Terima kasih atas upaya yang dilakukan oleh pusat rekonsiliasi Rusia antara pihak yang bertikai dan pemerintah Suriah, sebanyak 59.003 penduduk Ghouta Timur telah kembali ke rumah mereka dari kamp pengungsi,” kata Yevtushenko.

“Pusat rekonsiliasi menawarkan bantuan serba guna untuk memastikan pekerjaan yang bebas, tanpa gangguan dan aman dari para ahli misi khusus dari Organisasi untuk Larangan Senjata Kimia,” katanya.

Baca: Rusia: Ghouta Timur Suriah 100 % Bebas dari Gerombolan Teroris

Menurut Yevtushenko, total 2,9 ton kargo kemanusiaan dikirim pada siang hari ke pemukiman Kiswah di provinsi Damaskus dan pemukiman Tell Hassel di provinsi Aleppo.

Pada siang hari, sebanyak 133 warga Suriah, termasuk 66 anak-anak, menerima bantuan medis dari dokter militer Rusia. (SFA)

2 Comments

2 Comments

  1. Pingback: Ramadan Pertama Kali di Ghouta Timur Suriah | SALAFY NEWS

  2. Pingback: Ratusan Pengungsi Suriah di Lebanon Kembali | SALAFY NEWS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: