Headline News

Iran Sukses Uji Coba Torpedo “Hoot” Super Cepat

Senin, 15 Mei 2017 – 07.46 Wib,

SALAFYNEWS.COM, TEHERAN – Iran melakukan uji coba torpedo kecepatan tinggi di tengah-tengah ketegangan dunia yang dikhawatirkan bisa memicu perang dunia.

Seperti dilaporkan ABC News, 8 Mei, Iran melakukan uji coba torpedo kecepatan tinggi pada hari Minggu (7 Mei) di perairan antara Teluk Persi dengan Laut Arab. Kecepatan senjata itu dilaporkan mencapai 200 knots. Sementara Daily Mirror dalam laporan yang sama menyebut kecepatan senjata tersebut mencapai 250 mil per-jam. (Baca: Rudal Balistik Iran Mampu Mencapai Perancis, Italia, Spanyol, Jerman)

“Dipercaya torpedo ini mampu mencapai kecepatan empat kali kecepatan tertinggi torpedo tradisional,” tulis ABC News. Menurut laporan itu, uji coba kali ini hanya difokuskan pada aspek kecepatan dan bukan pada aspek ketepatan.

“Sebuah torpedo yang bergerak dengan kecepatan tinggi membutuhkan sistem pemandu yang sangat canggih untuk menjamin akurasi serangan. Torpedo itu dipercaya memiliki daya jangkau efektif sejauh 6 mil (10 km),” tulis ABC News. Sementara itu Daily Mirror menyebutkan dalam laporannya tanggal 9 Mei, rudal berjuluk ‘Hoot’ tersebut baru di uji coba setelah selama dua tahun tidak terdengar kabarnya. (Baca: Iran Berhasil Uji Coba Rudal Balistik Jarak Jauh)

“Peluncuran torpedo super cepat ini tidak melanggar hukum internasional, namun berlangsung pada saat masyarakat dunia berusaha membujuk Korea Utara untuk menahan diri,” tulis Daily Mirror.

Ujicoba tersebut dibenarkan oleh tiga pejabat senior militer Amerika, namun mereka menolak mengomentari hasilnya, apakah sukses atau gagal. Demikian Daily Mirror. Pihak Iran sendiri tidak berkomentar tentang kabar ujicoba tersebut.

Seminggu sebelumnya Iran diketahui juga telah melakukan ujicoba peluncuran rudal jelajah dari kapal selam. Para pejabat Amerika mengklaim ujicoba itu mengalami kegagalan. Namun, lagi-lagi tidak ada konfirmasi dari pihak Iran.

Uji coba-uji coba itu berlangsung saat hubungan Iran dengan Saudi tengah mengalami ketegangan. Pangeran Mohammed bin Salman, tulis Daily Mirror, mengatakan bahwa ‘tidak ada ruang dialog antara Saudi dan Iran karena Iran berambisi mengontrol dunia Islam”. Pernyataan itu dibalas oleh Menhan Iran Hossein Dehghan, yang mengancam, “Jika Saudi melakukan hal bodoh, kami tidak akan membiarkan satu wilayahpun di Saudi yang tidak tersentuh (oleh rudal-rudal Iran), kecuali Mekkah dan Madinah”. (Baca: WOW! Iran Ancam Israel, Radar Kami Mampu Deteksi Nafas Para Pilot Zionis)

The Mirror menyebut bahwa uji coba-uji coba senjata yang dilakukan Iran telah memantik ketegangan di kawasan di tengah ketegangan yang juga terjadi di Semenanjung Korea. Kedua konflik tersebut, sebut The Mirror, dikhawatirkan bisa mendorong Perang Dunia III. (SFA)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: