Headline News

Iran Desak Masyarakat Internasional Hentikan Agresi Brutal Saudi di Yaman

Militer Arab Saudi
Militer Arab Saudi di Hudaydah

TEHERAN – Iran mendesak komunitas internasional untuk campur tangan dan menghentikan agresi brutal Saudi di Yaman, dimana serangan sedang berlangsung terhadap pelabuhan vital Hodeida dan telah menempatkan negara di ambang kelaparan.

Baca: Takut Ancaman Rudal Yaman, Inggris Larang Warganya ke UEA

Juru bicara Departemen Luar Negeri Iran Bahram Qassemi mengatakan kepada wartawan di Tehran, pada hari Senin, bahwa Iran menghubungi pemerintah regional dan Eropa untuk menemukan cara mengirim bantuan kemanusiaan ke Yaman.

“Masyarakat internasional harus memahami kondisi sulit rakyat Yaman. Organisasi internasional dan PBB harus melakukan upaya keras untuk mengakhiri agresi terhadap rakyat Yaman yang tertindas,” katanya.

Baca: Tutupi Kekalahan di Yaman, Saudi Tuduh Iran Pasok Rudal ke Houthi

Hodeida adalah garis hidup bagi mayoritas penduduk Yaman karena di sanalah sebagian besar bantuan kemanusiaan internasional tiba untuk distribusikan.

Agresi brutal Saudi dan blokade mematikan telah menyebabkan 22 juta orang membutuhkan bantuan kemanusiaan. Ini telah menciptakan darurat pangan terbesar di dunia dan menyebabkan wabah kolera yang diduga telah membunuh 2.290 orang.

Baca: Inilah Tamparan Keras Iran untuk AS, Prancis dan Inggris di PBB Soal Perang Yaman

Qassemi mengatakan Iran telah mencoba “untuk menyampaikan suara orang tertindas dan korban tragedi agresi Saudi” ke dunia dan “mencari mekanisme untuk menghentikan agresi dan menyediakan kemungkinan pengiriman bantuan kemanusiaan” ke Yaman. (SFA)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: