Eropa

Iran dan Rusia Teken 14 Kerjasama untuk Jaga Stabilitas Kawasan

Rabu, 29 Maret 2017 – 07.25 Wib,

SALAFYNEWS.COM, MOSKOW – Presiden Iran Hassan Rouhani mengatakan bahwa Republik Islam Iran dan Rusia telah bekerjasama dalam memerangi terorisme dan mempromosikan stabilitas di kawasan. (Baca: China siap gabung dengan Iran dan Rusia tumpas teroris di Suriah)

“Hubungan antara Iran dan Rusia bertujuan untuk mempromosikan stabilitas regional dan tujuan utama kedua adalah untuk mempromosikan perdamaian dan ketenangan regional,” kata Rouhani dalam pertemuan dengan Presiden Rusia Vladimir Putin di Kremlin, Moskow, Selasa (28/03/2017).

Dia juga menambahkan bahwa hubungan Tehran-Moskow tidak akan pernah melawan kepentingan negara ketiga.

Rouhani mengatakan Iran menekankan akan pentingnya untuk memperkuat hubungan dengan Rusia, dia menambahkan bahwa kedua negara telah mengambil langkah-langkah untuk membawa perkembangan positif dalam hubungan timbal balik selama tiga setengah tahun terakhir. (Baca: Iran Resmi Uji Coba Rudal S-300 Milik Rusia)

Presiden Iran Hassan Rouhani (R) berjabat tangan dengan rekan Rusia-nya, Vladimir Putin, selama pertemuan mereka di Kremlin di Moskow pada 28 Maret 2017. (Foto oleh president.ir)

Kepala eksekutif Iran menekankan bahwa hubungan timbal balik telah memasuki “fase baru,” katanya, “Pada fase baru ini, kita dapat berbicara tentang hubungan yang berkelanjutan dan jangka panjang.”

Rouhani menyatakan harapan bahwa kedua belah pihak akan mengambil langkah-langkah untuk lebih mempererat hubungan.

Presiden Rusia Vladimir Putin melemparkan pujian terhadap Iran. Putin menyebut Iran sebagai salah satu sekutu lama Rusia, dan menyebutnya sebagai salah satu sahabat dekat Rusia. Presiden Rusia, untuk bagian itu, mengatakan Iran adalah tetangga yang baik dan mitra yang stabil dan dapat diandalkan untuk negaranya. (Baca: Kunjungan Mendadak Menteri Pertahanan Rusia ke Iran Sampaikan Pesan Khusus Putin)

Putin menambahkan bahwa Moskow dan Teheran bekerja sangat efektif di segala bidang, termasuk isu-isu global dan penyelesaian masalah internasional dan sangat serius.

Dia juga memuji prestasi besar yang dibuat oleh kedua negara dalam beberapa tahun terakhir, terutama di sektor ekonomi, dan mengatakan bahwa volume perdagangan antara Iran dan Rusia meningkat 70 persen pada tahun 2016 dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Pertemuan Presiden Iran dan Rusia

Iran, Rusia menandatangani 14 dokumen kerjasama

Sementara itu, Iran dan Rusia menandatangani 14 dokumen perluasan kerjasama di berbagai bidang politik, ekonomi, peradilan, hukum, ilmu pengetahuan dan kebudayaan.

Dokumen-dokumen yang ditandatangani oleh pejabat senior Iran dan Rusia di hadapan Rouhani dan Putin menyusul pembicaraan mereka. Sementara itu, pengusaha ekonomi Iran dan Rusia serta pebisnis mengadakan beberapa putaran pembicaraan dan menandatangani perjanjian untuk meningkatkan kerjasama antara sektor swasta kedua negara.

Memimpin delegasi ekonomi-politik tingkat tinggi, presiden Iran tiba di Moskow Senin malam untuk kunjungan resmi dua hari atas undangan timpalannya dari Rusia.

Dalam pertemuan dengan Perdana Menteri Rusia Dmitry Medvedev pada Senin (27/03), Hassan Rouhani mengatakan hubungan timbal balik yang “tumbuh” dan juga menekankan tentang hubungan yang akan memainkan peran lebih efektif dalam mempromosikan stabilitas, keamanan regional dan internasional. (SFA)

Sumber: TASS

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: