Headline News

Intelijen UEA: Qatar Transfer 500 Juta Dolar untuk Al-Qaeda dan ISIS di Yaman

Sabtu, 27 Mei 2017 – 05.00 Wib,

SALAFYNEWS.COM, TURKI – Meningkatnya ketegangan yang mencuat antara Qatar dan UEA terkait peran keduanya dalam agresi di Yaman, ketika saluran-saluran dan surat kabar Qatar mengungkapkan tentang penjara rahasia milik UEA di selatan Yaman, menyusul kemudian intelijen UEA membocorkan informasi yang menyatakan bahwa Qatar telah mendanai organisasi teroris al-Qaeda dan ISIS di Yaman senilai lebih dari 500 juta dolar. (Baca: Dokumen Bocor, Pangeran Saudi dan Qatar Bantu Teroris Al-Qaeda dan ISIS)

Informasi yang diterbitkan oleh situs-situs berita yang setia kepada UEA mengungkapkan bahwa institusi Qatar telah mentransfer sejumlah dana selama tahun lalu sebesar 500 juta dolar melalui perusahaan Al-Omqy di bawah payung bantuan untuk asosiasi dan organisasi milik Partai Reformasi Yaman yang merupakan anasir Ikhwanul Muslimin, yang sudah menjadi rahasia umum bahwa Partai Reformasi Yaman ini sangat memusuhi Houthi.

Informasi yangi dirujuk oleh situs-situs laporan intelijen internasional ini mengungkapkan bahwa institusi Qatar lah yang mensponsori para teroris Yaman ini, di mana para pangeran Qatar dari keluarga al-Thani telah menyediakan pengobatan bagi para teroris dan memindahkan hampir 500 teroris dan ekstrimis yang terluka yang berperang di Yaman melawan pasukan pemerintah Yaman ke rumah sakit-rumah sakit di Qatar. (Baca: Turki-Qatar Pasok Senjata Ganas ke Teroris untuk Kacaukan Timur Tengah)

Informasi yang dilaporkan oleh sejumlah media beberapa kali ini mengungkapkan bahwa laporan intelijen mendapati beberapa transaksi pentransferan dana dalam jumlah besar dari rekening bank atas nama institusi amal Qatar ke rekening asosiasi dan organisasi Yaman yang terkait dengan al-Qaeda, temasuk organisasi al-Hekmah, organisasi amal Rahmah yang diketuai oleh pemimpin Ikhwanul Musimin Abdullah al-Ahdal yang termasuk dalam daftar orang-orang yang memperoleh sanksi AS dengan tuduhan medanai al-Qaeda. Selain itu, laporan intelijen juga menemukan sejumlah transaksi transfer dana melalui perusahaan pertukaran uang al-Omqy yang juga termasuk dalam sanksi AS karena keterlibatannya dalam mendukung dan mendanai kelompok teroris di Yaman dan di wilayah kawasan.

Selain tu, institusi Qatar juga kerap melakukan pengiriman bahan makanan dalam jumlah besar untuk para pemimpin Partai Reformasi yang terkait secara langsung dengan al-Qaeda dengan dalih bantuan kemanusiaan yang kemudian di jual di pasar gelap dan kemudian mereka mengambil keuntungan dari hasil penjualan tersebut untuk mendanai operasi-operasi teroris dan memperluas basis organisasi-organisasi teroris ini. (Baca: Buntut Perseteruan dengan Saudi, Mesir Diserang Teror Oleh Qatar, Turki dan Ikhwanul Muslimin)

Selain itu, informasi tersebut juga menyebutkan bahwa Qatar telah menyediakan pendanaan materi untuk organisasi-organisasi Ikhwanul Muslimin seperti organisasi Sam, organisasi Rights Radar dan organisasi al-Karama yang menyediakan perlindungan kemanusiaan dan hak-hak untuk organisasi teroris al-Qaeda di forum internasional. Selain itu Qatar juga menyediakan dukungan materi untuk puluhan organisasi dan asosiasi politik milik Partai Reformasi di dalam Yaman untuk melakukan kegiatan intelijen melalui operasi survei lapangan yang diawasi oleh staf dan petugas intelijen Qatar.

Selain itu, institusi Qatar itu juga dituduh telah mendanai kelompok-kelompok ekstrimis di Suriah dan Irak seperti Jabhat al-Nusra dan kelompok-kelompok ekstrimis yang berafiliasi dengan ISIS di Libya. (SFA)

Sumber: sahafah24

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: