Internasional

Intelijen: Abu Bakar al-Baghdadi Minggat dari Mosul

Jum’at, 10 Maret 2017 – 08.38 Wib

SALAFYNEWS.COM, IRAK – Sumber-sumber intelijen AS dan Irak menjelaskan kepergian pemimpin organisasi negara Islam, Abu Bakr al-Baghdadi, dari kota Mosul. Ia dan para pengikutnya yang setia telah menyerahkan kota Mosul kepada para komandan operasi yang berasal Saudi. (Baca: Abu Bakar Baghdadi Perintahkan Anggotanya Untuk Lari dan Sembunyi)

Para pejabat AS dan Irak percaya bahwa al-Baghdadi telah meninggalkan pertempuran Mosul, dan ia sekarang bersembunyi di gurun, dimana ia berpikir harus menyelamatkan hidupnya.

Belum dapat dipastikan di mana tempat persembunyian al-Baghdadi, yang menganggap dirinya sebaga “Khalifah” saat berkhutbah di masjid agung di Mosul setelah pasukannya berhasil menguasai Irak utara pada tahun 2014. (Baca: MEMALUKAN! Baghdadi Ngemis Bantuan Kepada Negara Pendukungnya)

Namun, meskipun sumber-sumber AS dan Irak mengatakan bahwa belum ada pernyataan resmi dari pimpinan organisasi dan kehilangan kontrol atas sebagian wilayah di kota Mosul, menunjukkan bahwa ia benar-benar meninggalkan kota yang merupakan pusat populasi terbesar di bawah kendali organisasi tersebut.

Terbukti bahwa Baghdadi adalah tujuan yang sulit dijangkau, ia sangat jarang menggunakan alat komunikasi yang dapat dijangkau, banyak sumber juga mengatakan ia melakukan perjalanan dan berpindah-pindah lebih dari sekali dalam sehari. (Baca: Dihajar Tentara Irak, Abu Bakr Baghdadi Lari Tunggang-Langgang dari Mosul)

Sebuah sumber mengatakan bahwa melalui pelacakan, diperkirakan ia bersembunyi di antara warga sipil simpatisannya di desa-desa gurun asing baginya, bukan di antara para pejuang di daerah perkotaan di mana pertempuran berlangsung. (SFA)

Sumber: Arabi21.com

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: