Headline News

Inilah Wajah Ketakutan Turki Jelang Referendum Kemerdekaan Kurdi

Selasa, 19 September 2017 – 06.22 Wib,

SALAFYNEWS.COM, ANKARA – Tank-tank Turki melakukan latihan militer skala besar di perbatasan Irak, seminggu sebelum referendum kemerdekaan Kurdi dilaksanakan, yang dianggap sebagai ancaman keamanan nasional.

Baca: Pasukan Kurdi di Suriah Hancurkan Tank Turki

Sekitar 100 kendaraan militer, sebagian besar tank dan kendaraan yang membawa rudal, ikut ambil bagian dalam latihan perang yang diluncurkan di gerbang perbatasan Habur, sebuah titik persimpangan ke Irak, kantor berita Sumaria melaporkan pada hari Senin (18/09/2017).

Militer Turki telah mengumumkan bahwa latihan tersebut akan berlanjut sampai 26 September, satu hari setelah referendum kemerdekaan Kurdi yang akan datang.

Wilayah ini bersikukuh akan mengadakan referendum pada 25 September, meskipun ada oposisi regional dan internasional.

PBB mendesak para pemimpin Kurdi Irak untuk membatalkan referendum kemerdekaan yang akan datang, dengan mengatakan bahwa hal itu akan merusak pertempuran yang sedang berlangsung di Irak, melawan teroris ISIS.

Baca: Turki-Jerman Memanas Pasca Demo Puluhan Ribu Warga Frankfurt Dukung Kurdi

Perdana Menteri Irak Haider al-Abadi juga secara resmi menolak referendum kemerdekaan Kurdi yang akan datang. Anggota parlemen Kurdi Irak pada hari Jumat menyetujui pemungutan suara separatis dalam menghadapi perlawanan sengit dari pemerintah pusat di Baghdad, Perserikatan Bangsa-Bangsa dan Amerika Serikat.

Presiden Daerah Kurdistan (KRG) Massoud Barzani pada sebuah demonstrasi di kota utara Dohuk, mengatakan bahwa untuk memisahkan diri  dari Irak, Kurdistan “tidak mengambil legitimasi dari siapapun.”

Baca: Kurdi Beberkan Dokumen Keterlibatan Turki Dukung ISIS

Sementara itu, Menteri Pertahanan Inggris Michael Fallon juga mengatakan bahwa dia akan berusaha meyakinkan presiden KRG untuk membatalkan referendum kemerdekaan yang kontroversial tersebut. (SFA)

Sumber: PTV

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: