Internasional

Inilah Perkembangan Terakhir Operasi Pembebasan Mosul Irak

Selasa, 17 Januari 2017 – 08.00 Wib,

SALAFYNEWS.COM, MOSUL – Pusat informasi Nineveh atau yang dikenal dengan nama Nineveh Media Center mengungkapkan dalam sebuah pernyataan kepada wartawan Sputnik di Irak pada hari Senin (16/01) mengenai perkembangan militer terbaru dari operasi pembebasan kota Mosul dari kendali dan penguasaan organisasi teroris ISIS di Irak utara, seperti dilansir oleh kantor berita Arabic.SputnikNews (17/01). (Baca: Pasukan Irak Hancurkan Pertahanan ISIS dan Siap Maju ke Pusat Mosul)

Pusat informasi ini mengatakan bahwa tentara Irak kelompok 16 pada Senin siang (16/01) telah berhasil menyerbu daerah al-Kindi di utara Mosul, untuk mengalahkan ISIS di wilayah tersebut dan mengusir mereka.

Pusat informasi Nineveh ini mengumumkan bahwa tentara Irak berhasil memasuki 3 daerah strategis yang penting untuk membebaskan ketiga wilayah ini dari cengkeraman ISIS di timur laut Mosul, provinsi Nineveh dan wilayah timurnya sejak senin pagi (16/01).

Pusat informasi Nineveh menyebutkan bahwa 3 daerah tersebut berada di pantai kiri Mosul yakni wilayah al-Shurtah di sebelah timur laut kota Mosul, bukit mesjid Nabi Yunus, dan wilayah al-Jimasah di timur kota Mosul.

Pusat informasi Nineveh ini juga menegaskan bahwa pertempuran sengit antara tentara Irak dan anggota kelompok ISIS masih terus terjadi di tiga wilayah ini, namun dilaporkan bahwa barisan dan pertahanan kelompok ISIS telah runtuh akibat serangan intensif dari tentara Irak. (Baca: Serangan Dahsyat Tentara Irak kepada Teroris, Tewaskan 25 Pemimpin ISIS di Mosul)

Sementara itu, pusat informasi ini menyebarkan melalui akun Facebook resmi mereka pada minggu malam (15/01) sebuah peta militer yang menjelaskan wilayah-wilayah yang telah dibebaskan dan perkembangan terakhir dari operasi pembebasan kota Mosul dari kendali dan dominasi teroris ISIS .

Operasi “Qodimun Ya Nineveh” yang diluncurkan pada 17 oktober 2016 lalu telah mencapai kemajuan yang signifikan dan kemenangan besar untuk tentara Irak dengan kekalahan ISIS dan runtuhnya seluruh fondasi pertahanan organisasi teroris ISIS yang telah menguasai provinsi ini dan pusat provinsi ini yakni Mosul sejak pertengahan tahun 2014. (SFA)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: