Artikel

Inilah Misteri Dibalik Panangkapan Petinggi dan Pangeran Riyadh oleh Mohammed bin Salman

Rabu, 06 Desember 2017 – 12.35 Wib,

SALAFYNEWS.COM, SWISS – Ada dua pandangan berbeda mengenai tindakan keras terhadap korupsi oleh pangeran mahkota Arab Saudi, Mohammed bin Salman (MBS), yang menyebabkan penangkapan dan penahanan 200 orang antara lain para pangeran, menteri dan mantan menteri.

Baca: Geger Kerajaan Saudi Memanas, Bin Salman Obok-obok Kementerian Garda Nasional

Di satu sisi, itu adalah sebuah serangan bagus yang akan mendapatkan modal politik dengan orang-orang Saudi dan mengkatalisis Musim Semi Arab dimana MBS adalah seorang pembaharu modernisasi yang akan meliberalisasikan Islam.

Di sisi lain, tidak lain adalah usaha sinis dan putus asa untuk memperketat cengkeramannya pada kekuasaan dan melemahkan klan yang bersaing di dalam keluarga penguasa (terutama anak-anak mantan Raja Abdullah) karena negara tersebut berisiko terbelah disebabkah celah politik dan ekonomi. Pekan lalu, kami mencatat bahwa mantan kepala Garda Nasional dan anggota senior klan Abdullah, Pangeran Miteb bin Abdullah, membeli kebebasannya seharga $ 1 miliar.

Jika Anda menempatkan diri Anda sebagai pangeran Saudi atau pejabat Saudi yang kaya, apapun pendapat Anda tentang motivasi MBS, Anda akan dimaafkan karena mengambil tindakan tambahan yang mempersulit anak buahnya dalam memeriksa kekayaan Anda jika Anda berada di garis bidik. .

Sebagai alternatif, jika Anda tiba-tiba perlu menulis cek, katakanlah $ 1 miliar, mungkin memerlukan beberapa pertanyaan, beberapa penyesuaian portofolio dan banyak dokumen. Swiss telah menjadi tempat yang populer bagi orang-orang Saudi yang kaya untuk menyimpan kekayaan mereka sejak tahun 1970-an dan tindakan keras MBS sudah bergejolak merambah kantor bank swasta yang berbasis di Swiss. Sebenarnya, ada banjir pengajuan tentang potensi pencucian uang.

Menurut Financial Times, bank-bank Swiss telah mulai melaporkan aktivitas rekening yang mencurigakan di antara beberapa klien Arab Saudi mereka ke Kantor Pelaporan Pencucian Uang Swiss, bagian dari dinas kepolisian federal, menurut orang-orang yang dekat dengan situasi tersebut. Pengacara yang bertindak untuk bank telah mengirimkan informasi selama seminggu terakhir dan mengharapkan beberapa lusin pengajuan dilakukan secara total, kata dua orang yang terlibat dalam proses tersebut.

Baca: Mohammed bin Salman Semakin ‘Menggila’ di Kerajaan Arab Saudi

Tindakan ini mencerminkan kegugupan bank tentang ditemukannya pelanggaran peraturan yang mengatur pencucian uang dan korupsi. Ini menyusul penangkapan bulan lalu yang melibatkan lebih dari 200 orang, termasuk beberapa pengusaha dan pangeran terkaya di Arab Saudi. Mereka ditahan di hotel Ritz-Carlton di Riyadh sebagai bagian dari operasi anti-korupsi yang diluncurkan oleh Putra Mahkota Mohammed bin Salman, pewaris kerajaan yang kuat.

Kecurigaan kami adalah bahwa bank-bank Swiss bersikap hipersensitif mengingat sejarah mereka sebagai tempat yang aman untuk keuntungan dari usaha yang kotor dan jangkauan parabola dan kekuatan regulator keuangan akhir-akhir ini. Pada saat yang sama, kami meragukan bahwa beberapa klien Saudi mereka akan mentoleransi sumber beberapa aset mereka. Selanjutnya, kepercayaan bahwa beberapa aset ini diperoleh secara ilegal – setidaknya berdasarkan definisi “baru” MBS yang telah membatalkan praktik bisnis normal sebelumnya – akan diperkuat oleh pertanyaan dari regulator Saudi yang menanyakan apakah ada 200 tahanan yang memiliki fasilitas kredit atau kotak penyimpanan aman. Kita hanya bisa membayangkan bagaimana ini telah mengirim “Gnomes of Zurich” ke dalam keadaan panik massal.

Fnancial Times melanjutkan, Sementara bank Swiss berusaha untuk melindungi kerahasiaan klien, mereka diwajibkan untuk melaporkan transaksi yang dicurigai. Sejauh ini laporan akun tidak mengarah pada tindakan oleh otoritas Swiss, seperti pencarian atau pembekuan akun. Pejabat Saudi harus mengajukan permintaan formal jika mereka menginginkan akses ke data, yang dianalisis oleh pihak berwenang Swiss”.

Baca: Operasi Sapu Bersih Akibat Tamak Kekuasaan Mohammed Bin Salman

“Seperti prosedur standar, informasi yang masuk saat ini sedang dinilai,” kantor jaksa agung Swiss tersebut mengatakan kepada Financial Times.” Pada saat ini, proses pidana dalam hubungan ini belum dibuka.” Bankir Swiss juga mengatakan bahwa mereka telah memulai menyiapkan transfer tunai atas nama klien, karena para pangeran dan pengusaha berusaha untuk menyelesaikan tuduhan terhadap mereka. Pangeran mahkota berusaha untuk memulihkan setidaknya $ 100 miliar melalui tindakan keras dalam “korupsi dan penggelapan sistematis” yang terjadi selama beberapa dekade.

Jika MBS mendefinisikan ulang “ilegal”, apakah penuntutan akan diumumkan? Waktu akan berbicara. Sumber yang tidak disebutkan namanya mengatakan kepada FT bahwa proses melihat aktivitas baru-baru ini di akun Saudi sama dengan yang terjadi setelah tuduhan korupsi terkait skandal di FIFA, badan sepak bola, dan Petrobras, perusahaan minyak milik negara Brasil. Tidak mengherankan, bank-bank besar Swiss tidak menghargai perhatian media.

Sejumlah besar uang Saudi dipegang di negara Alpine, sebagian besar merupakan kekayaan lama. “Sudah di sini selama 30 atau 50 tahun, itu bukan kekayaan nouveaux,” kata orang yang akrab dengan proses tersebut. Bank-bank enggan terbuka tentang masalah ini. Credit Suisse mengatakan: “Sehubungan dengan perkembangan terakhir di Arab Saudi, sejauh ini tidak ada implikasi pada bisnis kami, namun kami akan terus memantau situasinya dengan ketat.” UBS menolak berkomentar mengenai kliennya.

Kami akan sangat senang melihat apa yang menjadi kenyataan saat MBS membuka penampung cacing khusus ini (jika dipublikasikan), yang menurut FT bisa menyeret tindakan terdahulu dari beberapa bankir.

FT melaporkan 10 hari yang lalu bahwa Pangeran Mohammed membawa penyidik barat untuk bekerja sama dengan pejabat kementerian keuangan saat mereka menguraikan dokumen untuk menganalisis sejauh mana dugaan korupsi dan hukuman yang prospektif. Para bankir asing juga dibawa untuk diinterogasi. Siapa yang bisa sangka, barangkali bankir bisa memfasilitasi sedikit kesalahan dari pihak orang Saudi yang kaya raya. (SFA)

Sumber: SOTT

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: