Fokus

Inilah Langkah Baru Saudi Terkait Aset Tahanan Para Pangeran & Miliarder

Kamis, 14 Desember 2017 – 06.48 Wib,

SALAFYNEWS.COM, RIYADH – Sebuah sumber informasi mengatakan kepada kantor berita “Bloomberg” AS bahwa sebuah langkah baru tengah direncanakan oleh Kerajaan Arab Saudi terkait berkas dan aset para pengeran yang ditahan.

Baca: Mohammed Bin Salman Tangkap 11 Pangeran dan 4 Menteri Arab Saudi

Sumber tersebut mengatakan bahwa Kerajaan Saudi sedang dalam upaya mendirikan sebuah badan manajemen untuk aset yang ditinggalkan oleh para pangeran yang ditahan, dalam rangka kesepakatan penyelesaian dalam kampanye anti-korupsi.

Sebuah sumber yang mengetahui masalah ini mengatakan bahwa kerajaan Saudi sedang berbicara dengan penasehat mengenai bagaimana membangun entitas yang rencananya akan menjual semua aset kepemilikan yang diserahkan para miliarder dan pengeran yang ditahan sebagai ganti kebebasan mereka.

Baca: Jaksa Agung Saudi Buka Suara Terkait Penangkapan Pangeran dan Menteri

Sebuah sumber yang tidak ingin disebutkan namanya mengatakan bahwa Hani Halawani kepala investasi langsung di Sanabel Investment Company bagian reksa dana publik akan membantu mengelola entitas yang direncanakan. Pusat komunikasi internasional pemerintah tidak memberikan komentar apapun mengenai hal ini, sebagaimana Halawani juga tidak memberikan komentar apapun.

Jaksa Agung Saudi, anggota Komite Tertinggi dalam memerangi korupsi, Suud bin Abdullah al-Mujib mengatakan bahwa jumlah orang yang dipanggil oleh Komite berjumlah 320 orang dan menekankan bahwa sejumlah tahanan sejauh ini mencapai 159 orang.

Adapun, jaksa tersebut menunjukkan bahwa sebagian besar dari mereka yang menghadapi tuduhan korupsi dan Komite Tertinggi melawan korupsi menyetujui penyelesaian tersebut. Komite telah melepaskan mayoritas orang yang arsip dan asetnya telah diserahkan ke komite.

Baca: Kampanye Busuk Mohammed Bin Salman Terkait ‘Islam Moderat’ di Saudi

Seorang pejabat kampanye senior saat itu mengatakan bahwa Pangeran Mutib bin Abdullah yang merupakan seorang anggota keluarga kerajaan terkemuka telah ditangkap, dan dibebaskan pada akhir November setelah mencapai kesepakatan penyelesaian yang nilainya disebut-sebut melebihi 1 miliar dolar, sebagaimana yang diungkapkan Bloomberg.

Selain itu, miliarder Saudi, Maan al-Sanea berusaha membayar sekitar 4 miliar dolar sebagai ganti dari kebebasannya sebagaimana yang disebutkan Reuters. (SFA)

Sumber: Arabic SputnikNews

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: