Nasional

Inilah Kisah Keluarga Jokowi yang Tak Banyak Terekspos

Minggu, 24 Desember 2017 – 07.05 Wib,

SALAFYNEWS.COM, SURAKARTA – Inilah sekelumit cerita keluarga Presiden Jokowi yang tidak banyak terekspos di media. Jika Jokowi yang mempunyai latar belakang pengusaha, sementara ketiga adiknya belum diketahui secara pasti pekerjaannya.

Baca: Muhammad Zazuli: Takdir Jokowi Si Tukang Kayu

Jokowi sebenarnya memiliki seorang adik laki-laki bernama Joko Lukito, namun meninggal saat persalinan. Jokowi ternyata punya nama lain. Semasa kanak-kanak, dia memiliki nama Mulyono.

Ayahnya berasal dari Karanganyar, sementara kakek dan neneknya berasal dari sebuah desa di Boyolali.

Pendidikannya diawali dengan masuk SD Negeri 112 Tirtoyoso yang dikenal sebagai sekolah untuk kalangan menengah ke bawah.

Dengan kesulitan hidup yang dialami, Jokowi dulu terpaksa berdagang, mengojek payung, dan jadi kuli panggul untuk mencari sendiri keperluan sekolah dan uang jajan sehari-hari.

Baca: Muhammad Zazuli: Sang Pemberani Itu Bernama Jokowi

Saat anak-anak lain ke sekolah dengan sepeda, ia memilih untuk tetap berjalan kaki. Mewarisi keahlian bertukang kayu dari ayahnya, ia mulai bekerja sebagai penggergaji di umur 12 tahun.

Jokowi kecil telah mengalami penggusuran rumah sebanyak tiga kali.

Penggusuran yang dialaminya sebanyak tiga kali pada masa kecil mempengaruhi cara berpikirnya dan kepemimpinannya kelak setelah menjadi Wali Kota Surakarta saat harus menertibkan permukiman warga.

Baca: Denny Siregar: Jokowi Nahkodai Kapal “NKRI” yang Telah Lama Hilang Arah

Setelah lulus SD, ia kemudian melanjutkan pendidikan di SMP Negeri 1 Surakarta. Ketika ia lulus SMP, ia sempat ingin masuk ke SMA Negeri 1 Surakarta, namun gagal sehingga pada akhirnya ia masuk ke SMA Negeri 6 Surakarta. (SFA)

Sumber: Tribun News

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: