Fokus

Inilah Kemajuan Besar Pasukan Anti Terorisme Irak dan Kehancuran ISIS di Mosul

Jum’at, 30 Desember 2016,

SALAFYNEWS.COM, BAGHDAD – Seorang juru bicara untuk relawan Nineveh, Mahmud al-Surja, mengatakan dalam sebuah pernyataan kepada “Sputnik” di Irak, pada hari kamis (29/12) bahwa pasukan Irak telah mencapai kemajuan yang besar bersamaan dengan dimulainya tahap kedua operasi pembebasan pantai kiri Mosul dari kendali dan penguasaan teroris ISIS.

Al-Surja mengatakan bahwa pasukan anti-terorisme telah maju pada pembebasan wilayah al-Quds dan al-Karamah al-Muhaimin dari cengkeraman ISIS di timur Mosul di pusat Nineveh Irak Utara. (Baca: Pasukan Irak Lancarkan Operasi Tahap Dua Rebut Sisi Kiri Mosul)

Al-Surja mengatakan bahwa pasukan divisi 7 dari pasukan Irak dan polisi federal telah bergerak maju ke sumbu selatan-timur Mosul, untuk membebaskan wilayah al-Salam dan al-Shaimaa dan agar bisa sampai pada wilayah al-Wahdah dan Sumer serta rumah sakit al-Salam untuk membasmi seluruh ISIS dari wilayah-wilayah ini.

Ia juga menambahkan bahwa pasukan divisi 16 telah sampai di wilayah al-Sada menuju al-Hadbaa dan wilayah al-Sukar yang merupakan wilayah pertama di bagian utara di arah ini untuk membebaskan seluruh wilayah pantai kiri Mosul dari kendali ISIS. Al-Surja menegaskan bahwa anggota organisasi teroris ISIS telah menyaksikan runtuhnya seluruh pertahanan mereka di hadapan pasukan Irak secara tak terduga beberapa jam pertama setelah dilancarkannya operasi tahap kedua untuk merebut wilayah yang tersisa di pantai kiri dari pusat Nineveh.

Surja juga menjelaskan bahwa organisasi teroris ISIS telah kehilangan kemampuan untuk melawan, dengan kemajuan pasukan Irak yang telah mengambil keuntungan dengan kehancuran ISIS dan menaklukkan sumbu-sumbu dan beberapa medan pertempuran di banyak wilayah dan hal inilah yang membantu kemajuan besar pada pasukan Irak, seperti dilansir oleh kantor berita Arabic.SputnikNews (30/12). (Baca: Operasi “Qodimun Ya Nineveh” Tentara Irak Sukses Rebut 12 Distrik di Mosul)

Al-Surja juga memperkirakan bahwa hari ini dan besok akan terwujud kemenangan yang sangat besar bagi pasukan Irak dalam membebaskan wilayah-wilayah di pantai timur dari ISIS, dan ia berharap pengunguman pembebasan seluruh wilayah timur ini hanya membutuhkan waktu seminggu saja.

Al-Surja membantah partisipasi pasukan tempur Amerika dalam pembebasan pantai timur, namun ia membenarkan bahwa disana ada penasehat AS dari koalisi Internasional melawan terorisme yang hadir untuk memberikan saran dan informasi intelijen kepada pasukan Irak.

Pasukan Irak telah berhasil membebaskan wilayah-wilayah besar di provinsi Nineveh dan Mosul dari kendali dan penguasaan ISIS sejak pertempuran yang dimulai sejak 17 Oktober lalu. (SFA)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

SalafyNews Media Islam Terpercaya, Dan Anti HOAX

Media yang Menjelaskan Tentang Cinta Tanah Air dan Bangsa

Gabung di FP FB Salafy News

Copyright © SALAFY NEWS 2015

To Top
%d bloggers like this: