Amerika

Inilah Fakta Terbaru AS ‘Rampok’ Minyak Suriah

Militer AS di Suriah

Minggu, 08 April 2018 – 06.34 Wib,

SURIAH – Angkatan Darat AS mengirim lebih banyak pasukan dan peralatan militer ke ladang minyak dan gas di timur Deir Ezzor pada hari Sabtu (07/04, meskipun ada pernyataan dari Trump tentang penarikan pasukan AS dari Suria, seperti dilansir FNA (07/04).

Baca: AS Bangun Pangkalan Militer di Timur Deir Ezzor Guna Kontrol Daerah Kaya Energi Suriah

AS telah mengirim lebih banyak pasukan militer dan peralatan ke dua ladang minyak Koniko dan al-Omar di timur Deir Ezzor dan juga ke permukiman al-Sowar di utara Deir Ezzor, sumber dari Tentara Demokratik Suriah (SDF) mengungkapkan pada hari Sabtu.

Konvoi pasukan AS yang baru dikirim termasuk beberapa kendaraan, sejumlah tentara dan beberapa kendaraan pembersihan ranjau.

Sumber lokal melaporkan bahwa pejuang Kurdi yang didukung AS berencana menguasai seluruh ladang minyak dan gas dengan dukungan militer dan logistik AS.

Suku Kurdi mengendalikan ladang minyak al-Omar, ladang energi al-Tunk dan al-Jafrah dan perusahaan gas Koniko di timur Deir Ezzor.

Baca: Kupas Tuntas Pemberontakan Hizbut Tahrir di Libya, Suriah dan Indonesia

Seorang wakil senior dari Pasukan Demokratik Suriah (SDF) mengatakan pada bulan lalu bahwa Angkatan Darat AS mulai membangun pangkalan militer besar lainnya di bagian Timur provinsi Deir Ezzor untuk mengontrol daerah-daerah kaya energi di Suriah.

Mehdi Kobani, sekretaris pers SDF di Deir Ezzor, mengatakan bahwa pangkalan baru militer AS sedang dibangun di sekitar ladang minyak al-Omar – waduk minyak terbesar di Suriah.

Baca: Pengamat Timur Tengah: Peran Vital Syeikh Al-Buthy dalam Konflik Suriah

“Amerika Serikat sedang membangun pangkalan militer besar di wilayah al-Omar yang kaya minyak di provinsi Deir Ezzor. Karena masalah keamanan, kami tidak dapat memberikan informasi tentang luas instalasi baru ini. Saat ini ada mesin konstruksi yang bekerja di sekitar pangkalan, dan keamanan disediakan oleh pasukan SDF,” katanya. (SFA)

1 Comment

1 Comment

  1. Pingback: Israel-AS Kompak Serang Pangkalan Udara Suriah | SALAFY NEWS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: