Headline News

Ini Salah Satu Bukti Kuat Soal ‘Kematian’ Putra Mahkota Saudi

Raja Salman Saudi

RIYADH – Pangeran Mahkota Saudi Mohammed bin Salman yang belum muncul di hadapan publik setelah kudeta pada 21 April lalu, terus absen dalam pertemuan umum dan tidak terlihat di antara sejumlah pejabat Saudi pada upacara kelulusan kadet di Akademi Militer Raja Abdolaziz pada Sabtu malam, seperti dilansir FNA (20/05).

Baca: Laporan Intelijen: Putra Mahkota Saudi Tewas?

Kementerian pertahanan Saudi mengumumkan dalam sebuah pernyataan pada hari Minggu bahwa penguasa Riyadh, Faisal bin Bandar bin Abdolaziz telah menghadiri upacara itu, bukan bin Salman.

Pernyataan itu menolak komentar tentang alasan ketidakhadiran bin Salman, sementara secara protokol menteri pertahanan harus berpartisipasi dalam upacara tersebut.

Kamis lalu, sebuah harian Iran melaporkan bahwa bin Salman kemungkinan tewas setelah upaya pembunuhan atas dirinya pada bulan lalu, mengutip intel dari dinas keamanan negara Arab.

Baca: Rumor Kematian Anaknya, Raja Salman Absen KTT OKI di Istanbul

Menurut surat kabar berbahasa Persia, Keyhan, laporan dinas rahasia yang dikirim ke pejabat senior dari negara Arab yang tidak disebutkan namanya mengungkapkan bahwa bin Salman terkena dua peluru selama serangan 21 April di istananya, dan menambahkan bahwa ia mungkin telah mati, karena dia tidak pernah muncul di publik sejak itu.

Bin Salman adalah orang yang hampir sering muncul di hadapan media, tetapi sudah 27 hari ia absen sejak upaya kudeta di Riyadh, yang telah menimbulkan pertanyaan tentang kondisinya.

Baca: Fakta Perang Yaman Permalukan Wajah Mohammed Bin Salman dan Arab Saudi

Beberapa hari setelah insiden 21 April, media Saudi menerbitkan rekaman dan gambar bin Salman bertemu dengan beberapa pejabat Saudi dan asing. Tetapi tanggal pertemuan tidak dapat diverifikasi, sehingga pelepasan video dapat ditujukan untuk menghilangkan rumor tentang kondisi bin Salman.

Tidak jelas apakah hilangnya Bin Salman disebabkan oleh alasan-alasan seperti dia merasa terancam atau terluka dalam insiden tersebut. (SFA)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: