Fokus

Ini Alasan Kenapa Surabaya Jadi Tempat dan Sasaran Teroris

Bom Bunuh Diri di Surabaya

JAKARTA – Aksi teror bom bunuh diri di tiga gereja di Surabaya beberapa waktu lalu dinilai sebagai pemantik aksi lanjutan di sejumlah daerah. Mantan nara pidana teroris Ali Fauzi Manzi menjelaskan Surabaya merupakan salah satu kota besar setelah Jakarta.

Baca: Puisi Pedas Joni Ariadinata Ditujukan Kepada Pelaku Bom Bunuh Diri, Kepada Pengecut

Menurutnya, jika Surabaya mendapat serangan teror maka daerah lain pun bisa mendapat serangan. Ali yang merupakan perakit bom dari kelompok Jaringan Islamiyah (JI) itu menyebut bahwa Surabaya merupakan daerah yang cocok sebagai miftahusro daerah pemantik.

“Di Surabaya, bahan baku juga gampang didapat. Bahan-bahan kimia dijual secara legal di sana,” ungkapnya di Gedung LIPI, Jakarta, (17/5).

Baca: Syarat Pra Nikah ISIS Wajib Jadi Pelaku Bom Bunuh Diri

Lebih lanjut, Ali menjelaskan karena mudahnya bahan, Surabaya menjadi tempat untuk merakit bom, bahkan bahan peledak dalam peristiwa bom Bali I dirakit di Surabaya. Selain itu di Surabaya juga banyak tersedia SDM yang berkualitas untuk menjalankan aksi tersebut.

Baca: Wahabi Otak Bom Bunuh Diri di Seluruh Dunia

“JI, JAT (Jamaah Ansharut Tauhid) dan JAD (Jemaah Ansharut Daulah) banyak yang menyeberang ke Surabaya, kota ini jadi produksi teroris yang baik dan sangat bergengsi bagi mereka,” tandasnya. (SFA)

Sumber: RMOL

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: