Headline News

Indonesia-Iran Sama-sama Berkomitmen Bela Rakyat Palestina

Kamis, 15 Desember 2016,

SALAFYNEWS.COM, TEHERAN – Presiden Iran Hassan Rouhani menyambut hangat atas kunjungan Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) di Teheran, hari Rabu. Rouhani mengatakan bahwa Iran dan Indonesia sama-sama berkomitmen untuk membela hak-hak rakyat Palestina. (Baca: WOW! Di Depan Sekjen PBB Presiden Jokowi Serukan Kemerdekaan Palestina)

Empat nota kesepahaman ditandatangani di hadapan kedua presiden. Empat nota kesepahaman itu mencakup kerjasama timbal balik hukum dalam masalah pidana, ekstradisi penjahat, kerjasama listrik dan energi terbarukan, dan investasi antara kedua negara.

Teheran juga bertekad untuk mempererat hubungan dengan Jakarta. ”Iran menyambut peningkatkan hubungan ekonomi, politik, budaya dan sektor ilmiah dengan Indonesia dan siap untuk memasok energi untuk negara ini,” kata Presiden Rouhani. (Baca: Pertemuan Rusia dan Iran ‘Putin-Ali Khamenei’ Buat AS dan Barat Galau)

”Jika negara dan bank swasta menjalin hubungan lebih dekat satu sama lain, kita dapat menyaksikan perkembangan lebih cepat dari hubungan komersial dan usaha patungan,” ujarnya.

Terkait isu Timur Tengah, Rouhani menegaskan bahwa Iran dan Indonesia memiliki komitmen yang sama untuk membela hak-hak rakyat Palestina.”Kedua negara mencapai tujuan bersama dalam membela hak-hak rakyat Palestina dan dapat bekerja sama lebih erat dalam menciptakan keamanan di Suriah, Irak dan Yaman dan memberikan bantuan kemanusiaan kepada rakyat di negara yang dilanda perang tersebut,” kata Rouhani.

Sementara itu, Presiden Jokowi menekankan tekad Indonesia untuk mengembangkan hubungan dengan Iran.”Kami percaya bahwa ada kesempatan besar untuk memperluas kerjasama perdagangan dan investasi dengan Iran, yang dibangun dari pelaksanaan kesepakatan nuklir dan pencabutan sanksi,” katanya,  seperti dikutip Mehr News, Kamis (15/12/2016). (SFA)

Sumber: SindoNews

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

SalafyNews Media Islam Terpercaya, Dan Anti HOAX

Media yang Menjelaskan Tentang Cinta Tanah Air dan Bangsa

Gabung di FP FB Salafy News

Copyright © SALAFY NEWS 2015

To Top
%d bloggers like this: