Eropa

Indonesia dan Rusia Sepakat Tukar Data Teroris Asing di Suriah

Sabtu, 02 September 2017 – 06.50 Wib,

SALAFYNEWS.COM, MOSKOW – Kekalahan Teroris ISIS di Suriah dan Irak menyebabkan mereka banyak yang melarikan diri dan bahkan beberapa anggota pulang kampung ke negaranya masing-masing, hal ini yang membuat keresahan di negara yang mereka tinggali.

Baca: MANTAP! Indonesia-Rusia Sepakati Pertukaran Data Intelijen Hadapi Terorisme

Oleh karena itu Moskow dan Jakarta sepakat untuk bertukar data tentang teroris asing yang bergabung bersama ISIS di Suriah.

“Kami berniat untuk bekerja sama dalam memerangi terorisme dan kejahatan antarnegara,” ujar Dubes RI untuk Rusia M. Wahid Supriyadi dalam sebuah wawancara kepada TASS. “Kami juga telah sepakat untuk bertukar informasi, khususnya data gerilyawan teroris asing yang bergabung bersama ISIS dalam perang Suriah,” tambahnya.

Baca: Lavrov: Rusia-Indonesia Godok Draft Anti-Terorisme

Pada 9 Agustus lalu, setelah bertemu dengan Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi, Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov mengatakan bahwa Moskow dan Jakarta akan meningkatkan hubungan dan badan intelijen antara kedua negara sebagai upaya memerangi ISIS.

Baca: 17 Pelarian ISIS Asal Indonesia Telah Tinggalkan Suriah

Ancaman ISIS belum lenyap. Anggota-anggotanya telah menyebar ke seluruh dunia, termasuk di daerah-daerah yang dekat dengan perbatasan Rusia dan Indonesia. Karena itu, kami sepakat meningkatkan kerjasama untuk memberikan perhatian khusus dalam upaya memerangi momok ini”, ujarnya saat menggelar jumpa pers di Kementerian Luar Negeri RI di Jakarta, Rabu (9/8). (SFA)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: