Fokus

ICRC Buat Aplikasi Seluler Guna Bantu Warga Aleppo Temukan Air Bersih

Selasa, 06 Juni 2017 – 11.24 Wib,

SALAFYNEWS.COM, ALEPPO – Ribuan penduduk sipil terlantar dan tinggal di bangunan yang rusak di Suriah, akses terhadap kebutuhan seperti air dan listrik sangat sulit didapat. Komite Internasional Palang Merah (ICRC) mencoba mengatasi masalah akses terhadap air minum di Aleppo dengan membuat sebuah aplikasi yang dirancang untuk menemukan sumur terdekat di daerah tersebut. (Baca: Inilah Peta Kemajuan Pasukan Tiger Suriah Melawan ISIS di Aleppo Timur)

Komite Palang Merah Internasional meluncurkan sebuah aplikasi mobile yang memungkinkan penduduk sipil di Aleppo untuk menemukan sumber air tawar terdekat, Christine Beerli, wakil presiden komite tersebut, mengatakan kepada Sputnik selama Forum Ekonomi Internasional St. Petersburg yang ke 21.

“Di Aleppo, kami bekerja sangat erat dengan pemerintah setempat yang bertanggung jawab atas persediaan air, seperti yang kami lakukan di kota lain, dan mereka benar-benar melakukan segala kemungkinan untuk membantu orang kembali ke rumah mereka,” kata Beerli.

Menurut Beerli, ICRC telah memulihkan sekitar 65 sumur air minum. “Setelah itu, kami membuat aplikasi seluler sehingga orang-orang yang tidak memiliki akses ke air di rumah mereka karena pipa yang rusak bisa melihat-lihat ponsel mereka dimana sumur terdekat di daerah mereka dan di mana mereka dapat menemukan air bersih,” Beerli menjelaskan. (Baca: Robot “Abu Ja’far” Selamatkan Warga Aleppo dari Bom Cluster)

Aplikasi ini terbukti sangat berguna bagi orang-orang Suriah di Aleppo, ungkap Beerli, bahkan di daerah di mana pertempuran sedang berlangsung, orang masih dapat menggunakan ponsel. Ini menurut wakil presiden ICRC, berarti selain air dan makanan orang-orang perlu diberikan juga kesempatan untuk mengenakan biaya telepon mereka. “Akses ke informasi sama pentingnya dengan makanan,” Beerli menekankan.

Pada bulan Desember 2016, pusat Kementerian Pertahanan Rusia untuk Rekonsiliasi Suriah mengumumkan bahwa operasi tentara Suriah untuk membebaskan lingkungan timur Aleppo dari militan telah berakhir.

Moskow telah mendukung Damaskus dalam perjuangannya melawan sejumlah kelompok teroris. Dalam rangka dukungan ini, Rusia telah melakukan operasi udara melawan teroris di Suriah dan memberikan bantuan kemanusiaan kepada penduduk negara yang dilanda krisis tersebut.

Dalam beberapa bulan terakhir, tentara Suriah yang didukung oleh Angkatan Udara Rusia berhasil membebaskan sejumlah wilayah di provinsi Aleppo yang dikendalikan oleh militan, termasuk kelompok teroris Daesh. (SFA)

Sumber: Sputnik

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: