Headline News

HRW Tuduh Pemerintah Suriah Gunakan Bahan Kimia Selama Perang

Rabu, 15 Februari 2017 – 15.35 Wib,

SALAFYNEWS.COM, DAMASKUS – Organisasi Human Rights Watch dalam laporannya yang dipublikasikan pada Senin (13/02), mengatakan bahwa pasukan pemerintah Suriah menggunakan senjata kimia selama pertempuran di lokasi-lokasi yang dikendalikan oleh oposisi di Aleppo, untuk merebut kembali kota di akhir-akhir tahun lalu. (Baca: Damaskus Serahkan Bukti Militan Gunakan Senajata Kimia di Suriah)

Organisasi yang berbasis di New York mengatakan bahwa helikopter yang digunakan pemerintah menjatuhkan bom klorin di perumahan di Aleppo, setidaknya delapan kali antara 17 November dan 13 Desember 2016.

Namun pihak pemerintah telah membantah tuduhan dari HRW ini.

Pada tingkat pembicaraan antara rezim Suriah dan oposisi pada senin, dipertanyakan apakah pembicaraan yang didukung oleh Rusia di Kazakhstan pekan ini, akan dihadiri pihak oposisi karena mereka menuduh Moskow gagal membawa pemerintah Damaskus untuk sepenuhnya mematuhi gencatan senjata, seperti pembebasan tahanan. (Baca: Riyadh Haddad: Oposisis Moderat Disuplai Senjata Kimia Oleh Negara Pendukung Terorisme)

Pemerintah Kazakhstan, Sabtu (11/02), mengatakan pihaknya telah mengundang semua delegasi dari pemerintah Suriah dan oposisi untuk menghadiri pertemuan yang akan diselenggarakan pada 15 dan 16 Februari. Kedua belah pihak menghadiri pertemuan secara tidak langsung di Astana, ibukota Kazakhstan bulan lalu.

Komandan militer Free Syirian Army (FSA), Mohammed Aboud mengatakan, “Ada pelanggaran dalam gencatan senjata, pihak Rusia belum melakukan apa yang telah dijanjikan untuk menghentikan pelanggaran ini”. (Baca: Rusia Kirim Team Ahli Selidiki Militan Gunakan Senjata Kimia di Aleppo)

Seorang pejabat oposisi kedua yang tidak mau disebutkan identitasnya menambahkan bahwa beberapa anggota oposisi bersedia hadir dalam beberapa hari mendatang. Dia menambahkan “Delegasi (secara menyeluruh) tidak akan hadir”. (SFA)

1 Comment

1 Comment

  1. Pingback: HRW Tuduh Pemerintah Suriah Gunakan Bahan Kimia Selama Perang | ISLAM NKRI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: