Fokus

HRW: Stop Penjualan Senjata ke Arab Saudi

Kuburan massal di Yaman
Kuburan Massal di Yaman

JENEWA – Pengawas HAM PBB menyatakan bahwa organisasi tersebut  tengah bekerja untuk menghentikan penjualan senjata ke Arab Saudi dan negara-negara sekutunya yang menggunakan persenjataan tersebut untuk menargetkan anak-anak dan warga Yaman.

Dalam website resminya HRW menyebut bahwa upaya  penghentian penjualan senjata ke Arab Saudi menjadi target utama organisasi dan itu akan menjadi prioritas utama dalam kegiatannya.”

Baca: Warbler Saudi: Israel Pasok Senjata Terlarang ke Riyadh Untuk Serang Yaman

“Kapankah Amerika Serikat dan Kerajaan Inggris merasa cukup, dan apakah negara-negara ini akan menghentikan penjualan senjata ke Arab Saudi? Serangan udara mematikan pekan lalu di sebuah bus yang dipenuhi anak-anak di Yaman oleh koalisi pimpinan Saudi harus menjadi titik kritis,” bunyi pernyataan HRW di situs web resminya pada hari Rabu (15/08).

Baca: Pemberontak Suriah Hanya Cerita Dongeng Barat

Koalisi Arab Saudi pada 9 Agustus membombardir sebuah bus sekolah penuh berisi anak-anak yang tengah dalam perjalanan pulang liburan di sebuah pasar, di kota Dahiya, provinsi Sa’ada, Yaman. Serangan menewaskan 51 orang dengan 40 anak termasuk di dalamnya. Komite Palang Merah Internasional menyatakan anak-anak yang menjadi korban tewas dan terluka berusia sekitar 10 tahun. (SFA)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: