Fokus

Houthi Sebut Serangan ke Tanker Rusia di Bab al-Mandeb Adalah Permainan AS

Jum’at, 02 Juni 2017 – 03.37 Wib,

SALAFYNEWS.COM, YAMAN – Ketua Komite Revolusioner Tinggi Ansarullah Houthi memberikan komentar terhadap serangan yang menargetkan kapal tanker minyak “MT Moskow” pada hari Rabu (31/05) di selatan Bab al-Mandeb dan ia menegaskan bahwa serangan ini adalah permainan AS dan tidak ada kaitannya dengan Yaman. (Baca: Houthi: Agresi di Yaman untuk Lindungi Kepentingan Saudi, UEA dan AS)

Sejumlah media milik Houthi mengutip dari Mohammed Ali Houthi mengatakan bahwa “Bab al-Mandeb berada di bawah pendudukan dan yang bertanggung jawab atas apa yang terjadi disana adalah koalisi AS-Saudi”.

Houthi mengatakan bahwa “AL Yaman telah menghentikan banyak operasi yang menjadikan kapal tanker sipil sebagai target militer”.

Houthi menggambarkan serangan terhadap tanker minyak Rusia ini adalah konspirasi AS terhadap koridor Yaman yang diduduki”. Ia menambahkan bahwa “masyarakat Yaman mampu mengambil kembali semua wilayah yang diduduki koalisi Saudi-AS”. (Baca: Tentara Yaman dan Houthi Sikat Kapal Saudi, Angkatan Laut AS Ketakutan)

Saudi Press Agency mengumumkan bahwa kapal tanker minyak yang mengibarkan bendera Kepulauan Marshall diserang dengan rudal RPG yang ditembakkan dari perahu di lepas pantai Yaman pada hari Rabu (31/05). Menurut kantor berita ini, kapal tersebut akan berlayar sesuai dengan garis perjalanannya di Bab al-Mandeb.

Sebuah pernyataan dari koalisi internasional mengatakan bahwa “pada hari rabu pagi (31/05) kapal tanker minyak yang mengibarkan bendera Kepulauan Marshall telah diserang oleh sebuah perahu menggunakan 3 rudal RPG di lepas pantai Yaman yang dekat dengan Bab al-Mandeb yang terletak di antara dua pulau yakni Mayun (Perim Island) Yaman dan Seven Island Djibouti, seperti dilansir Arabic.SputnikNews (01/06). (Baca: Houthi: Agresi Saudi di Yaman Bukti Kesetiaan Riyadh kepada AS)

Pernyataan tersebut menambahkan bahwa tidak ada pekerja di atas kapal yang terluka dan saat ini kapal tersebut sedang berlayar menuju Laut Merah. Selain itu, proses akan dilakukan untuk mengetahui pihak mana yang terlibat dalam serangan ini. (SFA)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: