Fokus

Houthi Rudal Riyadh, Wapres JK: Wajar, Saudi Lebih dulu Serang Yaman

Yaman

Rabu, 28 Maret 2018 – 17.10 Wib,

SALAFYNEWS.COM, JAKARTA – Pejuang Ansarullah Yaman dan unit tentara sekutu telah melakukan lebih banyak serangan rudal ke Arab Saudi, dengan menargetkan beberapa posisi di kerajaan, seperti dilansir Press TV (25/03).

Baca: Gagal Cegat Rudal Yaman, Rudal Saudi Hantam Pemukiman di Riyadh

Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla, menganggap serangan tersebut adalah risiko dari perang antara kedua negara. Pria yang akrab disapa Pak JK itu mengatakan jika tidak mau diserang lebih baik tidak usah berperang.

“Namanya perang, bukan serangan Yaman ke Saudi, Saudi lebih dulu ke Yaman, jadi namanya perang ya saling berbalas,” ujar JK kepada awak media di Jakarta, Selasa (27/3/2018). “Itu risiko perang. Kalau Anda tidak mau diserang, jangan serang orang,” imbuh pria asal Sulawesi Selatan itu.

JK memastikan bahwa tidak ada lagi warga negara Indonesia (WNI) yang berada di wilayah-wilayah konflik. Sebab, sebagian besar WNI di wilayah konflik sudah berhasil diungsikan.

“Boleh dikatakan dulu kan sudah diungsikan WNI. Itu hampir semuanya sebagian besar di wilayah perang tidak ada lagi orang Indonesia, terkecuali di daerah-daerah yang aman,” tukas Wapres JK.

Baca: HEBOH! Bobroknya Sistem Iron Dome Israel dan Rudal Patriot Saudi

Militer Yaman dilaporkan telah menargetkan Bandara Internasional King Khalid di #Riyadh, Bandara Abha, Najran dan Jizan dengan rudal balistik, tetapi angkatan udara Saudi mengklaim telah berhasil mencegat rudal di bagian timur laut ibukota Riyadh pada Minggu malam, kata televisi pemerintah Saudi.

Serangan rudal itu terjadi tepat 3 tahun serangan Arab Saudi terhadap Yaman. Pemimpin Houthi Ansarullah mengatakan Arab Saudi dan sekutunya tidak akan menyerang Yaman tanpa dukungan militer dan intelijen AS.

Serangan tersebut merupakan serangan rudal ketiga dalam lima bulan yang mengarah ke Riyadh. Houthi menunjukkan bahwa rudal mereka memiliki kemampuan untuk menjangkau ibu kota Arab Saudi itu.

Baca: #BreakingNews! Yaman Tembakkan 5 Rudal Balistik ke #Riyadh

Konflik di Yaman telah menewaskan lebih dari 10.000 orang dan membuat lebih dari 2 juta orang terlantar. Konflik itu telah menyebabkan krisis kemanusiaan di Yaman yang negara termiskin di Semenanjung Arab di mana saat ini Hhampir 1 juta orang telah terinfeksi kolera. (SFA)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: