Internasional

Houthi Patahkan Serangan Besar Pasukan Pemberontak di Pelabuhan Mokha

Selasa, 24 Januari 2017 – 15.37 Wib,

SALAFYNEWS.COM, YAMAN – Kelompok Ansarullah Houthi dan pasukan tentara pendukung mereka pada senin malam (23/01) telah berhasil memukul mundur dua serangan besar yang dilancarkan oleh pasukan pendukung mantan presiden Yaman Abdur Rabbuh Mansour Hadi di pesisir kota Mokha provinsi Ta’iz, sebelah selatan-barat Yaman. (Baca: Houthi Serang Kamp Pemberontak Yaman dengan Rudal Balistik)

Sumber militer setempat mengatakan kepada media Arabic.SputnikNews (23/01) bahwa “pasukan kelompok Ansarullah Houthi dan tentara pendukungnya berhasil mematahkan dua serangan besar yang dilancarkan oleh pasukan pro-mantan presiden Yaman Abdur Rabbuh Mansour Hadi yang didukung oleh pasukan koalisi Arab yang dipimpin Arab Saudi dan memukul mundur mereka sejauh 8 km dari kota Mokha setelah mereka tiba untuk melakukan patroli di pelabuhan Mokha dan menguasainya selama beberapa jam”.

Sumber tersebut menjelaskan bahwa “pasukan pro-Hadi telah memobilisasi ratusan tentara dan militan dari berbagai negara, termasuk Emirat dan Sudan dan mereka didukung oleh pesewat tempur jenis F-16, helikopter Apache dan kapal meriam”. (Baca: Ansarullah Bersumpah Akan Gulingkan Kerajaan Saudi)

Sumber ini juga mengatakan bahwa pasukan yang setia kepada mantan presiden Yaman ini telah memotong jalan Mokha-Taiz dan melakukan pengepungan terhadap pasukan Houthi dan pasukan pendukungnya, selain itu kapal perang mereka juga menurunkan 3 kelompok pasukan pada titik 2 km dan 5 km di sebelah timur pelabuhan Mokha di wilayah al-Khadra’.

Sumber ini menjelaskan bahwa pertempuran yang terjadi telah mengakibatkan lebih dari 80 orang tewas dan terluka dari kedua belah pihak. Sumber ini mengatakan bahwa “pesawat tempur milik koalisi internasional telah melancarkan lebih dari 200 serangan brutal selama 48 jam terakhir untuk mendukung pasukan pro-Hadi”.

Sumber ini menambahkan bahwa “meskipun pasukan pro-Hadi memliki sejumlah peralatan militer lengkap dan pasukan yang banyak namun kekuatan pasukan pro-Hadi hanya bertahan beberapa jam saja, dan pasukan Houthi berhasil memukul mundur serangan pasukan pro-Hadi. (Baca: Houthi: Jika Tetap Ganggu Yaman, Saudi Tidak Akan Kami Buat Tenang)

Sementara itu tentara Houthi tengah mempersiapkan serangan perlawanan terbaru di wilayah al-Kidhah dan Wajihah yang merupakan pusat keberadaan tentara-tentara pro-Hadi. (SFA)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: