Headline News

Hoax Media Arab Sebut Penasehat Militer Iran Tewas oleh Serangan Rudal

Konflik Suriah

DAMASKUS – Tidak ada penasehat militer Iran yang tewas dalam serangan Minggu malam di beberapa pangkalan militer di provinsi Hama dan Aleppo, kata sumber informasi, Senin (30/04/2018), membantah klaim yang dibuat oleh beberapa media Arab, seperti dilansir FNA (30/04).

Baca: Tentara Suriah Kepung ISIS dari 3 Penjuru

“Tidak ada penasihat Iran yang menjadi martir dalam serangan rudal malam terakhir di provinsi Hama dan Aleppo,” kata sumber itu. Media pemerintah Suriah melaporkan semalam bahwa “rudal musuh” telah menargetkan pemerintah di provinsi Hama dan Aleppo. Laporan tidak menyebutkan korban dari serangan rudal.

Dalam sebuah berita, televisi pemerintah mengatakan serangan rudal terjadi pada pukul 10:30 waktu setempat. Sebelumnya, televisi pemerintah mengatakan ledakan berturut-turut terdengar di pedesaan provinsi Hama dan pihak berwenang sedang menyelidiki penyebabnya.

Baca: Tor M2, Senjata Super Canggih Rusia Tiba di Suriah

Posisi tentara Suriah berada di bawah serangan rudal di provinsi Hama dan Aleppo, dua minggu setelah serangan trilateral oleh AS, Inggris dan Prancis. Beberapa rudal menghantam depot senjata di selatan Hama dan al-Malekieh di utara Bandara Aleppo.

Belum ada yang mengakui tanggung jawab atas serangan itu, tetapi gerilyawan dan jaringan media sosial mengatakan AS telah menembakkan rudal dari perbatasan Al-Tanf di Suriah Timur.

Beberapa sumber lain mengatakan bahwa serangan rudal itu dilakukan oleh AS dan sebagai tanggapan terhadap kemajuan tentara Suriah di timur Efrat melawan pasukan SDF yang didominasi Kurdi.

Baca: Pakar Rusia: Tomahawk Tak Meledak di Suriah Bukti Rudal AS Lemah

Sumber-sumber lain mengatakan bahwa Israel yang sebelumnya menargetkan pangkalan udara T4 di provinsi Homs tempat pasukan Iran, disebut berada dibalik serangan rudal. Belum ada konfirmasi resmi tentang asal mula peluncuran rudal itu.

Situs Tishrin Suriah juga melaporkan bahwa sembilan rudal balistik ditembakkan dari pangkalan AS dan Inggris di Yordania Utara pada posisi militer tentara Suriah di Hama dan Aleppo.

Sputnik berbahasa Arab juga melaporkan bahwa 12 tentara telah tewas dan puluhan lainnya terluka selama serangan rudal di depot senjata di pedesaan Hama.

Laporan lebih lanjut pagi ini mengungkapkan bahwa lebih dari selusin warga sipil yang tinggal di desa yang berdekatan dengan salah satu depot di Hama telah tewas dalam serangan itu. (SFA)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: