Headline News

Hizbullah Serahkan Pos-pos Perbatasan ke Tentara Libanon

Minggu, 14 Mei 2017

SALAFYNEWS.COM, LIBANON – Gerakan perlawanan Hizbullah Libanon telah menyerahkan sejumlah pos militer ke tentara pemerintah setelah kelompok tersebut berhasil merebut kembali pos-pos tersebut dari teroris yang beroperasi di sepanjang perbatasan dengan Suriah.

Hizbullah mengatakan di situs jaringan televisi Al-Manar pada hari Jumat bahwa tentara mengambil alih posisi yang berada di bawah kendali Hizbullah di wilayah Baalbek.

Dikatakan keempat pos militer tersebut berada di sebelah barat Tufail, Brital, Ham, dan di dataran Maaraboun.

Pengumuman tersebut disampaikan sehari setelah Sekretaris Jenderal Hizbullah Sayyid Hassan Nasrallah mengatakan dalam sebuah pidato bahwa misi gerakan perlawanan telah dilakukan di Baalbek. Nasrallah mengatakan bahwa Hizbullah akan mempertahankan posisinya di sisi lain perbatasan dengan Suriah untuk mencegah militan melakukan infiltrasi ke Libanon.

Pejuang Hizbullah ikut campur dalam konflik di Suriah setelah perang pecah pada awal tahun 2011. Gerakan perlawanan tersebut mengatakan bahwa intervensi tersebut diperlukan untuk mencegah terjadinya konflik di Suriah, yang dipersalahkan pada pemerintah daerah tertentu. Melalui bantuan Hizbullah, Suriah telah berhasil membersihkan daerah-daerah kunci di selatan dan utara dari militan. Pertempuran terus berlanjut terutama di timur, di mana kelompok teroris ISIS Takfiri mengendalikan sejumlah daerah.

Hizbullah memiliki sejarah dalam membantu militer Libanon dalam perang melawan musuh, terutama selama delapan tahun pendudukan Libanon selatan oleh Israel yang berakhir pada bulan Mei tahun 2000. Hizbullah juga memasuki sebuah perang dengan Israel pada tahun 2006 hingga menimbulkan kerugian besar terhadap rezim Zionis dan memaksanya untuk menerima gencatan senjata yang ditengahi PBB setelah perang 33 hari pada pertengahan Agustus tahun itu. [Sfa]

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: