Fokus

HEBOH! Bobroknya Sistem Iron Dome Israel dan Rudal Patriot Saudi

Rudal Patriot Saud

Selasa, 27 Maret 2018 – 07.21 Wib,

SALAFYNEWS.COM, TIMUR TENGAH – Aktivis media sosial di Israel dan Arab Saudi mengkritik lemahnya kinerja sistem pertahanan udara mereka sejak Minggu malam, dan mengatakan bahwa Riyadh dan Tel Aviv telah berbohong ketika mereka menyombongkan kekuatan pertahanan udaranya, seperti dilansir FNA (26/03).

Baca: Saudi Akan Beli Sistem Rudal Iron Dome Israel Karena Sering di Rudal Yaman

Sistem pertahanan rudal Iron Dome di Israel tampaknya secara keliru diaktifkan oleh tembakan otomatis di Gaza pada hari Minggu, mengirim rentetan pencegat yang tidak perlu ke langit, kata seorang tentara.

Satu video lain muncul yang menunjukkan peluncuran rudal Patriot di Saudi, pada Minggu malam, rudal yang lepas dari lapangan udara sesaat kemudian menabrak perumahan penduduk di Riyadh dan meledak. Yang lain meledak sesaat setelah diluncurkan di ibukota Saudi. Keduanya ditembakkan untuk mencegat rudal Yaman.

Baca: Bapak Semua Bom Iran, Signal Menakutkan Teheran ke Israel & Negara Teluk

Setelah insiden, aktivis media sosial Israel mengecam kinerja lemahnya sistem pertahanan udara yang disebut oleh Tel Aviv sebagai Iron Dome. Aktivis medsos bertanya-tanya bagaimana perisai pertahanan multi-juta dolar telah gagal mengenali latihan artileri Hamas di Gaza dari serangan roket nyata dan mengirim orang Israel ke tempat perlindungan.

Seorang aktivis Twitter juga mengatakan hari ini adalah hari yang buruk bagi teknologi sistem pertahanan barat. Dua rudal Patriot Saudi gagal mencapai target dan Iron Dome gagal mengenali perbedaan antara rudal dan rentetan senjata.

Baca: TERBONGKAR! Kunjungan Rahasia Mohammed Bin Salman ke Israel

Sementara itu, situs berita Global Observer menggambarkan insiden itu sebagai kegagalan besar bagi Arab Saudi dan Israel, dan menekankan bahwa Iron Dome menembakkan beberapa rudal senilai $ 50.000 sebagai reaksi terhadap cahaya tembakan artileri pada latihan Hamas dan rudal Patriot Saudi yang jatuh di perumahan sekitar Riyadh bukan misil Yaman seperti yang dklaim.

Insiden Minggu malam menewaskan seorang warga Mesir dan dua lainnya terluka di Riyadh oleh fragmen rudal, menandai korban pertama di ibukota Saudi sejak perang melawan Yaman dimulai. (SFA)

1 Comment

1 Comment

  1. Pingback: Wapres JK: Wajar, Saudi Duluan Serang Yaman | SALAFY NEWS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: