Headline News

Hashd Al-Shaabi Bantah Peran AS Dalam Pembebasan Mosul di Irak

Minggu, 02 Juli 2017 – 10.30 Wib,

SALAFYNEWS.COM, MOSUL – Juru bicara pasukan relawan Irak (Hashd al-Shaabi) Karim al-Nouri mengecam Washington atas dukungannya terhadap kelompok teroris, dan mengatakan AS tidak berperan dalam merebut kembali Mosul dari ISIS. (Baca: Lihat Lebih Dekat Produksi Senjata ISIS di Mosul Irak)

“Koalisi internasional yang dipimpin AS belum serius memerangi ISIS karena kelompok teroris tersebut bergerak sesuai dengan kepentingan keamanan nasional AS. Koalisi internasional tidak melawan ISIS, bahkan kadang membantu mereka,” kata al-Nouri pada hari Sabtu.

Hashd al-Shaabi telah membebaskan berbagai wilayah Irak tanpa bergantung pada bantuan Amerika, dia juga mengatakan “Washington ingin memasukkan dirinya sendiri dalam kemenangan terakhir atas ISIS, tapi saya harus menekankan bahwa kemenangan ini didapat oleh orang Irak, bukan AS. Mereka memainkan peran dalam pembebasan Mosul”. (Baca: Amerika Akui Pembantaian di Mosul)

Setelah pertempuran berat dari pintu ke pintu selama 12 hari di Mosul, pasukan Irak pada hari Kamis mengambil alih Masjid bersejarah Mosul yang telah dihancurkan sebelumnya oleh kelompok teroris ISIS.

Mengambil Masjid Agung al-Nuri memberikan kemenangan simbolis kepada pasukan Irak yang telah berjuang selama lebih dari delapan bulan untuk menangkap Mosul, kota utara yang berfungsi sebagai ibukota de facto ISIS di Irak. (Baca: Perang Sengit Teroris ISIS dengan Pasukan Hashd al-Shaabi di Mosul)

Dalam sebuah pernyataan pada hari Kamis, perdana menteri Irak mengumumkan berakhirnya “kepalsuan Khilafah ISIS” menyusul penangkapan Masjid Al-Nuri yang bersejarah di jantung Mosul. “Kembalinya mesjid al-Nuri dan menara al-Hadba menandai berakhirnya negara bagian ISIS yang kepalsuan,” kata Abadi. (SFA)

Sumber: FNA

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: