Fokus

Hari Ini Jokowi Tinjau Lokasi GroundBreaking Jalur Rel Ganda Sukabumi-Bogor

Jum’at, 15 Desember 2017 – 07.12 Wib,

SALAFYNEWS.COM, JAKARTA – Inilah salah satu capaian dari team kerja Kabinet Jokowi. Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, meninjau lokasi rencana groundbreaking pembangunan jalur rel ganda (double track) kereta api Sukabumi-Bogor, di Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Rencananya, ground breaking dihadiri Presiden Joko Widodo atau Jokowi, Jumat 15 Desember.

Baca: Yusuf Muhammad: Di Era Jokowi Papua Tak Lagi Sengsara

“Ini janji Presiden Jokowi untuk membuat konektivitas antara Bogor dan Sukabumi lebih baik,” ujar Menhub di lokasi rencana ground breaking, di Desa Benda, Kecamatan Cicurug, Kamis (14/12/2017).

Menteri Budi Karya mengatakan, pembangunan rel ganda bertujuan meningkatkan produktivitas layanan kereta api Sukabumi-Bogor. Waktu tempuh dan jumlah rangkaian kereta yang dioperasikan di jalur tersebut, saat ini dinilai kurang produktif.

“Dengan waktu tempuh 2,5 jam, tiga kali pemberangkatan pulang-pergi, dan rangkaian yang cuma enam, jumlah orang yang diangkut sedikit,” kata Menhub Budi.

Baca: Denny Siregar: Pakde Jokowi Bukanlah Superman

Informasi yang dihimpun, seremoni ground breaking pembangunan jalur rel ganda kereta Sukabumi-Bogor digelar pukul 09.15 WIB. Selain Presiden Jokowi, Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan diagendakan hadir dalam kegiatan tersebut.

Menteri Budi Karya Sumadi mengatakan, pembangunan jalur rel ganda tahap pertama akan dilakukan sepanjang 7 kilometer, antara Cicurug hingga Cigombong. Pembangunan tahap pertama menggunakan anggaran sekitar Rp 350 miliar.

“Tahap pertama juga kami lakukan normalisasi, ” kata Menhub Budi.

Normalisasi yang dimaksud dilakukan terhadap jalur rel yang menanjak dan menikung cukup tajam. Ini menjadi kendala di balik lambatnya waktu tempuh kereta Sukabumi-Bogor. Menhub menambahkan, pihaknya akan menurunkan ketinggian tanah rel di sekitar lokasi ground breaking. Tinggi tanah yang diturunkan mencapai 10 meter.

Baca: Inilah Gebrakan Pakde Jokowi Setelah Mandalika 29 Tahun Pingsan

“Supaya akses keretanya lebih lancar,” pungkas Budi Karya.

Sekadar diketahui, jalur kereta Sukabumi-Bogor memiliki panjang sekitar 57 kilometer. Pembangunan rel ganda secara keseluruhan di jalur tersebut ditarget tuntas dalam waktu tiga tahun. (SFA)

Sumber: Liputan6

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: