Fokus

Hari Ini Istri dan Dua Sahabat Jonru Akan Diperiksa Polisi

Selasa, 10 Oktober 2017 – 07.39 Wib,

SALAFYNEWS.COM, JAKARTA – Kader PKS Jonru Ginting yang terjerat kasus ujaran kebencian atas laporan Muannas Aidid hari ini memasuki pemanggilan beberapa saksi. Antara lain Istri Jon Riah Ukur Ginting alias Jonru Ginting, Hendra Yulianti, dan dua sahabat Jonru mendapat giliran diperiksa di Direktorat Reserse Kriminal Khusus Kepolisian Daerah Metro Jaya hari ini, Selasa, 10 Oktober 2017.

Baca: Geotimes: Hikayat Jonru dari Cerpenis Hingga Peternak Kebencian

Pemeriksaan itu untuk melengkapi keterangan Jonru sebelumnya yang diberikan dalam pemeriksaan selama sekitar tujuh jam dengan 54 pertanyaan pada Sabtu lalu, 7 Oktober 2017 lalu. “Betul (istri akan diperiksa),” kata pengacara Jonru, Djudju Purwantoro, kepada Tempo pada Senin malam, 9 Oktober 2017.

Jonru ditetapkan sebagai tersangka pada 29 September 2017. Polisi juga mengeluarkan surat penahanan dan menggeledah rumah Jonru. Dari penggeledahan itu, disita laptop, flashdisk, serta beberapa barang bukti.

Jonru dilaporkan Muannas Alaidid atas tuduhan menyebarkan ujaran kebencian melalui akun Facebook miliknya. Dalam akun tersebut, Jonru menulis, “Indonesia dijajah Belanda dan Jepang pada 1945, tapi pada 2017 dijajah etnis Cina”. Muannas menilai tulisan Jonru itu bermuatan suku, agama, ras, dan antargolongan atau SARA.

Baca: Polda Metro Periksa Unggahan Jonru soal Quraish Shihab

Dua sahabat Jonru juga diagendakan diperiksa hari ini. Keduanya teman Jonru semasa kuliah Jonru di Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro, Semarang, Dudun Purwanto dan mantan stafnya, Irman. “Dua orang sahabatnya (Jonru) nanti akan diperiksa sebagai saksi a de charge (meringankan),” kata Djudju. Teman Jonru Ginting yang sebelumnya diperiksa pada Jumat, 6 Oktober 2017, adalah Anang Herdiana. Anang dimintai keterangan ihwal kegiatan sosial dan usaha dagang online Jonru. (SFA)

Sumber: Tempo

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: