Amerika

Harga Emas Saat Ini Paling Anjlok dalam Enam Bulan

Harga Emas Anjlok

AMERIKA – Harga emas berjangka di divisi COMEX New York Mercantile Exchange berakhir turun ke tingkat terendah dalam enam bulan lebih pada Selasa waktu setempat karena kenaikan di pasar saham AS dan dolar AS yang lebih kuat menekan logam mulia.

Baca: HEBOH.. Osama bin Laden Tentukan Harga Emas dari Dalam Kubur

Dalam kontrak emas paling aktif untuk pengiriman Agustus, harga logam mulia itu turun 9,00 dolar AS atau 0,71 persen menjadi ditutup pada 1.259,9 dolar AS per ounce menurut siaran Xinhua. Penurunan itu dipengaruhi oleh penguatan di pasar saham dan nilai tukar dolar AS.

Indeks Dow Jones Industrial Average naik 113 poin atau 0,5 persen, menjadi 24.363,00 poin pada pukul 18.45 GMT, dan Indeks Komposit Nasdaq bertambah 58 poin menjadi 7.590,00 poin atau bergerak naik 0,8 persen.

Baca: Financial Times: Masa Keemasan Perekonomian Saudi Telah Berakhir

Indeks dolar AS, yang mengukur greenback terhadap enam mata uang saingannya, naik 0,5 persen menjadi 94,714 pada pukul 18.30 GMT.

Emas biasanya bergerak berlawanan arah dengan dolar AS dan ekuitas AS, yang berarti jika dolar AS dan saham AS naik maka emas berjangka akan turun, karena emas yang dihargakan dalam dolar AS menjadi lebih mahal bagi investor yang menggunakan mata uang lainnya dan pasar saham akan lebih memikat arus masuk investasi.

Sementara harga perak untuk pengiriman Juli turun 7,8 sen AS atau 0,48 persen menjadi menetap di 16,25 dolar AS per ounce, dan platinum untuk pengiriman Juli menambahkan 2,5 dolar AS atau 0,29 persen, menjadi ditutup pada 871,83 dolar AS per ounce. (SFA)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: