Internasional

Gertak Rusia, Menhan Saudi Siap Kirim Rudal-Pesawat Bagi Teroris di Suriah

09 Maret 2016,

SALAFYNEWS.COM, ISRAEL – Salah satu situs intelijen milik Israel ‘Deepak’ menyebutkan bahwa Saudi sedang mempersiapkan untuk memberikan kepada para teroris di Suriah rudal anti-tank dan pesawat, sebuah upaya untuk menghadapi pasukan Rusia yang sedang membantu untuk penguatan rezim sekutunya Bashar al-Assad di Suriah. (Baca: ANCAM TERORIS SURIAH! Kapal Perang Rusia “Destroyer” Tiba di Mediterania)

Situs Israel itu menyebutkan bahwa pembuat rencana operasi tersebut adalah Muhammad bin Salman, putra mahkota dan menteri pertahanan Saudi, ia berusaha untuk memberikan bantuan bagi para teroris di Suriah dengan rudal yang mampu menghantam tank milik Rusia “T-90”, yang diangkut Rusia ke pangkalan Rusia “Novorossiysk” di Laut Hitam untuk dikirim ke tentara rezim Suriah, menurut sejumlah sumber intelijen kepada “Deepak”.

Kapal militer “Novosibirsk” milik Rusia membawa tank baru tercanggih Rusia ke pangkalan Tartus, Kamis lalu, selain itu kapal tersebut juga mengangkut beberapa peluncur roket dan rencananya akan datang lagi satu set peralatan militer lainnya berupa rudal dan senjata tambahan.

Hal itu masuk dalam upaya Rusia untuk membantu tentara Suriah yang energinya telah banyak terkuras selama berjuang beberapa tahun ini, hal itu juga merupakan sebuah langkah yang dianggap tidak dapat diterima oleh Saudi dalam penumpasan terorisme di Suriah.

“Deepak” menambahkan, sebagian besar pengamat Barat dan Timur Tengah meyakini bahwa Arab Saudi sedang menggertak tentang rencananya untuk mempersenjatai teroris di Suriah dengan misil, dalam upaya untuk memaksa Washington dan Moskow untuk lebih serius menjadikan Arab Saudi sebagai pemain dalam krisis Suriah dan untuk menjaga kepentingannya, sebagaimana pula para pengamat meyakini bahwa Riyadh sedang berusaha untuk memecah kerjasama AS dengan Iran di Irak serta Rusia dengan Iran di Suriah. (Baca: PM Rusia: Pasukan AS dan Saudi Pemicu Perang Dunia Baru di Suriah)

Para pembesar Saudi dalam langkah ini bergerak melalui dua dua tindakan, menurut “Deepak”, pertama, “penyebaran empat jet tempur Saudi (F-15) di pangkalan Angrelik Turki dekat perbatasan Suriah diikuti dengan penyebaran pasukan darat di Suriah.” ..

Langkah kedua, “konfrontasi secara langsung dengan Hizbullah Lebanon, melalui pencabutan hibah Arab Saudi sekitar empat miliar dolar yang sebelumnya berjanji digunakan untuk pengembangan tentara Lebanon”.

Menurut Deepak, mengutip laporan dari sumber senior di Saudi, yang tidak disebutkan namanya, bahwa keputusan untuk mempersenjatai teroris di Suriah dengan misil sudah tak terelakkan dan sudah final, ia mengatakan bahwa “oposisi bersenjata Suriah akan segera mendapatkan rudal darat”, ia menambahkan bahwa “tidak akan ada seorang pejabat Saudi yang akan mengakui pengiriman, namun sebagaimana yang terjadi tiga puluh tahun yang lalu, Arab Saudi tidak bisa menahan diri berpartisipasi di Afghanistan melawan tentara Rusia, dan saat itu kami keluar sebagai pemenang, kami tidak akan ragu lagi untuk menghadapi tentara Rusia di Suriah”.

Menurut keterangan sejumlah sumber militer kepada Deepak, bahwa dahulu para pembesar Saudi bergerak dengan dukungan penuh dari Amerika saat perang di Afghanistan, tidak seperti apa yang terjadi di Suriah, dimana Amerika sangat menentang intervensi Saudi, hal yang sangat berbeda antara dua kasus, Middle East Panorama (07/03) memberitakan.

Pengiriman rudal Saudi kepada oposisi bersenjata Suriah adalah situasi baru dalam konflik Suriah, dimana hal itu akan memperluas ruang Saudi di dalamnya, bukan hanya Washington dan Moskow serta Teheran, dan hal inilah yang hendak diraih oleh Menteri Pertahanan Muhammad bin Salman, menurut “Deepak”.

Situs Israel itu mengakhiri laporannya dengan mengatakan bahwa upaya Arab Saudi untuk memberikan rudal kepada para teroris di Suriah hanya akan menyeret mereka lebih dalam para pembesar Saudi ke dalam krisis melebihi intervensi Israel dan negara-negara Teluk, Yordania dan bahkan Turki, sampai saat ini. (SFA)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: