Eropa

Gagalnya Ambisi Qatar Jadi Anggota NATO

Qatar

DOHA – Menteri Pertahanan Qatar sebelumnya telah mengungkapkan ambisi jangka panjang Doha untuk bergabung dengan Aliansi Atlantik, dan mengklaim bahwa negara itu memiliki beberapa persenjataan kualitas terbaik di kawasan, seperti dilansir SputnikNews (06/06).

Baca: Tanggapan Pedas Menlu Qatar ke Raja Saudi Soal Pembelian S-400 Rusia

NATO menolak tujuan Qatar untuk mendapatkan keanggotaan dalam aliansi, AFP melaporkan, mengutip seorang pejabat anonim dari aliansi tersebut. Pada saat yang sama, pejabat itu mencatat bahwa Qatar adalah “mitra yang berharga dan lama” dari NATO.

“Menurut Pasal 10 dari Perjanjian Washington, hanya negara-negara Eropa yang bisa menjadi anggota NATO,” kata seorang pejabat.

Baca: WOW! Iran Awasi Pangkalan Militer Yordania, UEA, Qatar dan Saudi

Sebelumnya, Menteri Pertahanan Qatar Khalid bin Mohamed Al-Attiyah mengatakan bahwa Doha memiliki ambisi untuk menjadi anggota penuh Aliansi Atlantik, dan menekankan bahwa negara itu memiliki beberapa persenjataan terbaik di kawasan dan merupakan sekutu utama dari luar NATO”.

Baca: Langgar Wilayah Udara, Qatar Adukan UEA ke PBB

Komentar menteri pertahanan datang saat pidatonya pada peringatan bencana diplomatik, ketika Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Bahrain dan Mesir memutuskan hubungan dengan Qatar, yang diikuti pengusiran semua warga negara Qatar dari Arab Saudi. (SFA)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: