Amerika

Gagal Temukan Bukti, Rusia Veto Penyelidikan Baru Serangan Kimia di Douma Suriah

Veto Rusia di PBB

NEW YORK – Departemen Luar Negeri AS menyalahkan Rusia dalam sebuah pernyataan pada hari Kamis, karena menggunakan veto Dewan Keamanan untuk memblokir pembaruan penyelidikan kimia PBB di Suriah setelah penyelidikan gagal untuk menentukan siapa di balik serangan senjata kimia yang diduga di Suriah pada bulan Februari, seperti dilansir SputnikNews (18/05).

Baca: Mengejutkan, Al Jazeera Sebut Tak Ada Serangan Kimia di Douma Suriah

“Misi Pencari Fakta OPCW tidak mengaitkan tanggung jawab atas serangan. Sayangnya, Rusia telah memveto pembaruan Mekanisme Investigasi Gabungan, yang merupakan satu-satunya badan yang tidak memihak dan independen dengan mandat untuk mengaitkan tanggung jawab, di Dewan Keamanan PBB,” kata pernyataan itu.

Sebelumnya, beberapa media dan negara-negara Barat menuduh Damaskus menggunakan senjata kimia di kota Douma pada 7 April. Pemerintah Suriah dan Rusia telah menyanggah tuduhan tersebut, dan mengatakan bahwa itu dipentaskan oleh militan lokal dan organisasi non-pemerintah, White Helmets. Pemerintah Suriah juga mengundang para ahli dari OPCW untuk menyelidiki laporan-laporan itu.

Baca: Kesaksian Dokter di RS Douma Ungkap Fakta Serangan Kimia di Douma

Pada 10 April, Dewan Keamanan PBB gagal mengadopsi salah satu dari dua rancangan resolusi Rusia atau yang dirancang oleh Amerika Serikat yang menyerukan penyelidikan atas serangan kimia yang dilaporkan – para diplomat dari kedua belah pihak telah menggunakan hak veto mereka.

Sebelumnya, Pusat Rekonsiliasi Rusia untuk Suriah memeriksa lokasi dugaan serangan dan mewawancarai dokter lokal, yang mengatakan bahwa mereka tidak menerima individu dengan gejala keracunan kimia.

Baca: Saudi Otak Dibalik Serangan Kimia di Douma, Ghouta Timur

Namun, Amerika Serikat, Inggris, dan Prancis meluncurkan serangan rudal terhadap Suriah sebagai tanggapan terhadap dugaan serangan kimia, meskipun kurangnya bukti. Serangan diluncurkan pada 14 April, pada hari yang sama misi OPCW ditetapkan untuk mengunjungi situs-situs tersebut. (SFA)

2 Comments

2 Comments

  1. happyfathersday2018images.com

    May 25, 2018 at 10:59 am

    Wow, that’s what I was searching for, what a data!
    existing here at this web site, thanks admin of this web site.

  2. Pingback: Drama Serangan Kimia Palsu AS di Suriah | SALAFY NEWS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: