Headline News

Gagal Cegat Rudal Yaman, Rudal Saudi Hantam Pemukiman di Riyadh

Rudal Riyadh

Selasa, 27 Maret 2018 – 08.30 Wib,

SALAFYNEWS.COM, RIYADH – Seorang pria Mesir yang bekerja di istana pangeran tewas setelah sebuah rudal yang ditembakkan oleh sistem pertahanan udara Saudi untuk mencegat masuknya rudal Yaman, tersesat dan menghantam daerah pemukiman di ibukota Saudi, Riyadh pada Minggu malam (25/03), seperti dilansir FNA (26/03).

Baca: Zarif Semprot AS Terkait Laporan Palsu Nikki Haley Sebut Rudal Yaman dari Iran

Juru bicara koalisi yang dipimpin Saudi, Kolonel Turki al-Maliki mengatakan bahwa rudal Yaman telah menargetkan Bandar Udara Internasional King Khalid, 35 km jauhnya dari Riyadh.

Unit pertahanan udara Saudi yang seharusnya melacak dan mencegat rudal ratusan kilometer jauhnya setelah memasuki wilayah udara negara itu, melihat rudal musuh di layar radar hanya setelah terbang di atas Riyadh untuk menabrak bandara.

Para pejabat Saudi mengklaim tadi malam bahwa sistem rudal negara telah mencegat tujuh rudal yang ditembakkan oleh Yaman, tetapi video yang diunggah di media sosial memunculkan pertanyaan tentang klaim tersebut.

Baca: #BreakingNews! Yaman Tembakkan 5 Rudal Balistik ke #Riyadh

Rekaman video yang menjadi viral mengungkapkan bahwa rudal-rudal yang ditembakkan oleh sistem pertahanan udara Patriot Arab Saudi tidak berfungsi dan berbelok dari jalur yang ditentukan atau berbalik arah dan kembali menyerang daerah pemukiman di ibukota Saudi. Insiden itu membunuh Abdolmotaleb Ahmed Hussein Ali dan melukai sejumlah warga sipil lainnya.

Yang lain tampaknya meledakkan tak lama setelah diluncurkan di ibukota Saudi.

Kementerian Informasi Arab Saudi tidak menanggapi permintaan untuk mengomentari insiden tersebut. Namun, video-video itu tampaknya menunjukkan bahwa kerajaan telah melebih-lebihkan kemampuan sistem pertahanan rudal Patriot, sebuah tradisi yang berasal dari Perang Teluk Persia 1991.

Militer Saudi mengatakan telah mencegat tujuh rudal balistik yang ditembakkan oleh tentara Yaman di kerajaan itu, tiga darinya menargetkan Riyadh, dua sasaran di Jizan dan satu lagi menargetkan Najran dan Khamis Mushait.

Baca: Pesan Ancamam Houthi: Tak Ada Celah Bagi Abu Dhabi dari Rudal Yaman

Al Arabiya menyiarkan rekaman yang dikatakan menunjukkan baterai rudal Patriot menembaki rudal Yaman yang masuk di Riyadh. Satu rudal Patriot nampak meledak beberapa detik setelah diluncurkan, menarik teriakan dari seorang pengamat saat hujan api terlihat.

Militer Saudi tidak mengakui adanya malfungsi misil. Kolonel Saudi Turki al-Maliki hanya mengklaim dalam sebuah pernyataan bahwa “tujuh rudal balistik dicegat dan dihancurkan.”

Militer Yaman membantah klaim Saudi yang mengatakan bahwa rudal menghantam sasaran yang telah ditentukan dengan akurat. (SFA)

3 Comments

3 Comments

  1. Pingback: Wapres JK: Wajar, Saudi Duluan Serang Yaman | SALAFY NEWS

  2. Pingback: Rudal Yaman Hajar Basis Militer Saudi di Asir | SALAFY NEWS

  3. Pingback: Rudal Yaman Hantam Stasiun Radar Saudi di Asir | SALAFY NEWS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: