Headline News

FINAL! Bawaslu Putuskan Kasus Ahok Soal Al Maidah 51 Bukan Pelanggaran Pemilu

Kamis, 13 Oktober 2016,

SALAFYNEWS.COM, JAKARTA – Video Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja yang ramai di media sosial, dan membuat gaduh Indonesia, yang konon katanya menyinggung surah Al Maidah ayat 51. Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) Provinsi DKI menilai hal tersebut belum termasuk kategori pelanggaran pidana pemilu.

Muhammad Jufri, Komisioner Bawaslu DKI Jakarta Divisi Hukum dan Penindakan Pelanggaran mengatakan apa yang dilakukan Ahok, sapaan Basuki, tidak bisa ditindaklanjuti sebagai pelanggaran kampanye. Pasalnya hingga saat ini KPU DKI Jakarta belum menetapkan pasangan calon dalam Pilgub 2017. (Baca: Ahok, Quraish Shihab Hingga Grand Mufti Suriah Jadi Korban Pemelintiran Buni Yani)

“Kami sudah memutuskan dalam rapat pleno terkait adanya kegiatan atau perkataan yang dikaitkan dengan yang tadi (penistaan surah Al Maidah oleh Ahok), maka laporan tersebut tidak bisa ditindaklanjuti karena bukan mengandung tindak pidana pemilihan dan juga bukan pelanggaran administrasi pemilihan,” Ujar Jufri di Hotel Grand Cemara, Jakarta, Kamis (13/10).

Dengan kata lain, menurut Jufri, Bawaslu DKI tidak akan memproses apa yang telah dilakukan Ahok terkait dugaan penistaan agama.

Kendati tidak memproses perbuatan Ahok, Jufri mengingatkan agar sebaiknya para bakal calon peserta DKI Jakarta tidak melakukan hal atau kegiatan yang menimbulkan kontroversial, apalagi membawa-bawa agama dalam kegiatan tersebut. (Baca: Yusuf Muhammad: Gara-gara Ahok Surat Al-Ma’idah Ayat 51 Jadi Terkenal : Video)

Dia berujar imbauan ini disampaikan agar para bakal calon bisa berkontribusi dalam menciptakan Pilkada DKI yang damai.

“Saya kira enggak ada masalah. Tetapi kami mengimbau seluruh bakal calon gubernur dan wakil gubernur untuk tidak melakukan kegiatan yang bisa mengganggu jalannya proses demokrasi,” pungkasnya. (SFA/Merdeka)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: