Headline News

Ex Militan Qalamoun Diperlakukan Tak Manusiawi Kawan-kawannya di Idlib

Perang Suriah

QALAMOUN – Ratusan militan dan anggota keluarga mereka yang meninggalkan Qalamoun Timur ke wilayah yang dihuni teroris di provinsi Idlib, hidup dalam kondisi yang sangat buruk di bawah kekuasaan rekan-rekan mereka, sebuah outlet media Arab melaporkan pada hari Selasa (01/05).

Baca: Teroris Total Tinggalkan Qalamoun Timur Suriah

Harian al-Watan Suriah melaporkan bahwa militan yang menolak tawaran damai dan amnesti pemerintah Suriah di Qalamoun Timur, meninggalkan wilayah itu ke Idlib bersama dengan anggota keluarga mereka, sekarang berada di kamp-kamp pengungsi di lahan pertanian di pedesaan Idlib, di mana tidak ada pipa sistem air atau limbah.

Harian itu mengatakan sekitar 4.000 militan dan anggota keluarga mereka telah berlindung di kamp Deir Balout antara kota Afrin dan Atmeh di utara Idlib, dan menambahkan bahwa militan ini sebagian besar berasal dari al-Dumayr, al-Rahibeh, Jayroud, al-Naseriyeh dan – Daerah-daerah sepi di Qalamoun Timur.

Baca: Eksodus Besar Teroris di Qalamoun, Tentara SAA Kibarkan Bendera Suriah

Laporan itu mengatakan orang-orang di kamp menderita kekurangan kebutuhan dasar akut, dan menambahkan bahwa kondisi yang tidak layak yang diberlakukan pada militan dan keluarga mereka akan segera mengambil ratusan korban, seperti dilansir FNA (01/05).

Gerai media Arab tidak memberikan rincian lebih lanjut, tetapi militan yang didukung Turki yang memerintah bagian Idlib memperlakukan pendatang baru dari Qalamoun, Ghouta dan pinggiran kota Damaskus lainnya secara berbeda.

Sebuah outlet media Kurdi melaporkan bulan lalu bahwa Tentara Turki terus melindungi ratusan militan dan anggota keluarga mereka di sebuah wilayah di barat laut Aleppo setelah kelompok teroris itu meninggalkan Ghouta Timur dan Qalamoun Timur ke Suriah Utara.

Baca: Kalah Telak, Militan Gabung Tentara Suriah di Qalamoun Timur

Kabar Hawar melaporkan bahwa pasukan Turki dan militan yang didukung Ankara mengusir seluruh penduduk desa Bar A’afa di wilayah Shera, Afrin, untuk membuka jalan bagi para teroris Ghouta Timur di wilayah itu.

Berita Hawar lebih lanjut mengatakan bahwa pasukan Ankara berencana menempatkan 1.700 militan dan anggota keluarga mereka yang telah meninggalkan kota al-Dumayr di Qalamoun Timur di rumah-rumah penduduk setempat yang telah diusir dari wilayah Jandaris di Afrin. (SFA)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: