Eropa

Erdogan: Perundingan di Sochi Tentukan Masa Depan Suriah dan Kawasan

Kamis, 23 November 2017 – 06.10 Wib,

SALAFYNEWS.COM, ANKARA – Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengumumkan bahwa dia akan menghadiri pertemuan puncak trilateral antara negara-negara penjamin gencatan senjata di Suriah, yang menekankan bahwa perundingan akan sangat penting bagi masa depan Suriah dan wilayah tersebut.

Baca: Satu Jam Putin-Trump Komunikasi By Phone Pasca Kedatangan Assad di Rusia

“Perkembangan di Suriah dan Irak, yang menarik bagi Turki, memaksa negaranya untuk mengembangkan solusinya sendiri,” kata Erdogan dalam sebuah pidato di sebuah pertemuan Partai AK yang berkuasa di Ankara.

Erdogan menyambut baik normalisasi hubungan dengan Rusia meskipun ada perbedaan pandangan antara kedua negara mengenai beberapa isu, dan menyambut baik posisi Iran, yang “sangat mementingkan isu sensitif Turki selama periode terakhir.”

Presiden Turki tersebut menunjukkan bahwa kemunculan dan akhir dari organisasi “ISIS” penuh dengan ambiguitas dan menimbulkan banyak pertanyaan.

Baca: Perang Mulut Ehud Barak dan Netanyahu Pasca Pertemuan Assad dan Putin di Rusia

“Tujuan orang-orang yang mencampuri urusan Timur Tengah bukan untuk melawan teroris, tapi mencoba untuk menggambar ulang peta dengan dalih yang mudah,” kata Erdogan mengenai aktivitas koalisi internasional yang dipimpin Washington.

Dia bertanya-tanya mengapa Amerika Serikat terus mengirim truk yang dilengkapi dengan senjata ke Suriah utara, meskipun sudah diumumkan pembersihan area tersebut dari “ISIS.”

Dia menambahkan bahwa negaranya telah menetralisir sekitar tiga ribu elemen dalam kerangka “perisai sungai Efrat”, ketika pasukan Turki membersihkan dua ribu kilometer wilayah Suriah di wilayah Grapels dan herder (Teluk Gobain) dan pintu di utara Suriah dari militan “ISIS.”

Beralih ke perkembangan di kawasan Teluk, Erdogan mengatakan bahwa mereka tidak terisolasi dari apa yang terjadi di Suriah dan Irak.

Baca: Netanyahu Kontak Putin Bahas Suriah, Kurdi dan Nuklir Iran

Pada malam menjelang perundingan trilateral, Presiden Rusia Vladimir Putin selain menerima Presiden Suriah Bashar al-Assad di Sochi pada Senin lalu, juga mengadakan telepon intensif dengan rekan-rekannya dari Amerika Donald Trump, Abdel Fattah al-Sisi Mesir, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu dan Raja Saudi Salman bin Abdul Aziz. (SFA)

Sumber: Arabic.rt

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: