Headline News

Erdogan Bersumpah Lanjutkan Dukungan Militer pada Qatar

Kamis, 16 November 2017 – 06.55 Wib,

SALAFYNEWS.COM, ANKARA – Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan bersumpah melanjutkan dukungan militer terhadap Qatar, di tengah krisis politik yang sedang berlangsung dengan blok yang dipimpin oleh Saudi.

Erdogan memberikan janji tersebut saat melakukan perjalanan ke Doha, dia juga menawarkan “kesiapan” sektor swasta negaranya untuk membantu Qatar dalam proyek multi-miliar dolar untuk Piala Dunia 2022, Qatar News Agency melaporkan pada hari Rabu.

Baca: Koalisi Baru Timur Tengah “Iran, Turki, Irak, Suriah, Rusia, Qatar” Segera Terwujud

“Erdogan menekankan dukungan Turki ke Qatar di berbagai bidang, terutama di bidang industri dan militer,” kata laporan tersebut.

Selama kunjungannya, Erdogan juga bertemu dengan Emir Sheikh Sheikh Tamim bin Hamad Al Thani, kata laporan tersebut, dan menambahkan bahwa kedua negara menandatangani beberapa perjanjian keuangan, pariwisata dan penelitian.

Baca: Turki Kirim Ahli Militer ke Qatar di Tengah Embargo

Sebelum tiba di Doha, Erdogan berada di Kuwait untuk membahas perkembangan regional dan internasional serta hubungan bilateral antara Turki dan negara-negara Teluk Persia.

Turki memiliki pangkalan militer di Qatar, yang menurut Ankara menampung sekitar 3.000 tentara. Turki berpihak pada Qatar setelah Arab Saudi, Bahrain, Mesir, dan Uni Emirat Arab memutuskan hubungan diplomatik.

Baca: Doha: Kwartet Pimpinan Saudi Ingin Ubah Qatar Jadi Negara Perwalian

Blok yang dipimpin Saudi menyodorkan daftar tuntutan pada Qatar, diantaranya memutus hubungan dengan Iran, dan memberikannya ultimatum untuk mematuhi mereka atau menghadapi konsekuensi. Doha, menolak untuk memenuhi tuntutan tersebut dan mengatakan bahwa tuntutan tersebut memaksa negara menyerahkan kedaulatannya. (SFA)

Sumber: PTV

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: