Eropa

Erdogan Bersih-bersih Lembaga Pendidikan dari Gullen, 21 Ribu Guru Dicabut Izinnya

Rabu, 20 Juli 2016

SALAFYNEWS.COM, ANKARA – Setelah 15.000 tentara, perwira jaksa, dan pegawai negeri sipil ditangkap atau diberhentikan sementara karena diduga terlibat kudeta militer.

Kini gilaran 21.000 ribu guru dan tenaga pendidik di Turki dicabut izinnya. Mereka diduga menjadi pendukung ulama Fethullah Gulen yang merupakan musuh Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan. (Baca: Analisa: Kudeta Militer Palsu Turki Bumerang Bagi Erdogan)

Dilansir Reuters, pada hari Selasa (19/7/2016), pencabutan izin oleh Kementerian Pendidikan Turki ini salah satu upaya untuk ‘bersih-bersih’ oknum yang dianggap mendukung pemberontakandan kudeta militer. Perdana Menteri Binali Yildirim berjanji untuk mengambil tindakan terhadap orang-orang yang diduga para pendukung Gulen ini.

“Saya minta maaf, tapi organisasi teroris paralel ini tidak akan lagi menjadi pion yang efektif bagi negara manapun,” kata Yildirim. (Baca: Presiden Mesir: Erdogan adalah Alasan di Balik Kudeta Turki)

Pengumuman pencabutan izin 21.000 guru ini datang tak lama setelah Dewan Pendidikan Tinggi memerintahkan pengunduran diri 1.577 dekan di semua universitas di Turki. “Lisensi dari 21.000 guru yang bekerja di lembaga-lembaga swasta yang dikelola telah dibatalkan,” kata seorang pejabat kementerian. (SFA)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: