Headline News

Emir Kuwait: Arab Spring Adalah Era Kegelapan Dunia Arab

Kamis, 30 Maret 2017 – 16.10 Wib,

SALAFYNEWS.COM, YORDANIA – Emir Kuwait menyifati Arab Spring sebagai “era gelap” bagi dunia Arab, ia menuntut untuk melupakan masa itu, dan mengambil pelajaran darinya dan memperbaiki masyarakat. (Baca: Menlu Kuwait Ungkap Kegelisahan Saudi di Yaman)

Dalam pidatonya di puncak Konferensi Dewan Liga Arab ke-28 di Yordania, Sheikh Sabah Al-Ahmad Al-Jaber Al-Sabah, menyerukan kelanjutan dari dialog antara negara-negara kawasan dan Iran, untuk mencapai keamanan dan stabilitas.

Dia mengatakan bahwa “Arab Spring telah menjungkirbalikkan stabilitas dan keamanan saudara-saudara kita”, dan menambahkan bahwa dunia Arab “sedang menghadapi tantangan yang serius dan resiko berat”. (Baca: Kuwait Hentikan Siaran Televisi Wesal Pasca Serangan Bom)

Emir Kuwait juga menyatakan “Kami menekankan hubungan dengan Iran di atas pondasi hubungan internasional dan hukum internasional, yang merupakan dasar untuk menghormati kedaulatan negara dan untuk menahan diri dari mencampuri urusan internal, serta menghormati persyaratan bertetangga yang baik.”

Lebih lanjut ia mengatakan “Sekarang kami berharap untuk  terus konsultasi dan dialog secara konstruktif antara negara-negara kawasan, termasuk (Teheran) untuk mencapai keamanan dan stabilitas”. (Baca: Klan Assad dalam Arus Arab Spring)

Mengenai situasi Arab secara umum, ia melanjutkan dengan mengatakan, “Arab spring telah memberikan keamanan dan stabilitas pada persaudaraan kita, namun mereka mengganggu pembangunan dan konstruksi, dan memperpanjang hasil-hasil negatifnya untuk menyertakan beberapa bagian dari dunia Arab, situasi keamanan memburuk dan orang-orang menderita karenanya, ditambah lagi dengan luka-luka bangsa kita”, seperti dilansir LahjNews (29/03).

“Sehingga kita bisa melewati era gelap dari dunia Arab, kita dituntut untuk mengambil pelajaran dari apa yang terjadi pada saat ini, dan membenahi sistem untuk masyarakat kita dan berpegang teguh pada front kita dan mendapatkan aspirasi rakyat untuk proyek kita”, Sheikh Sabah Al-Ahmad Al-Jaber Al-Sabah. (SFA)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: