Asia

Duterte Intruksikan Beli Senjata ke Rusia dan China

Kamis, 15 September 2016

SALAFYNEWS.COM, FILIPINA – Presiden Filipina Rodrigo Duterte, pada Rabu 14 Sepetember, mengumumkan bahwa pemerintahannya akan membeli senjata dari China dan Rusia.

Duterte menjelaskan bahwa Moskow dan Beijing memberikan syarat yang lebih baik dalam penyediaan senjata ini, tetapi Duterte tidak mengatakan senjata jenis apa, hanya saja ia menyebutkan bahwa ia tidak membeli pesawat tempur modern, dan mengatakan “kami tidak bermaksud memerangi seorangpun dalam penggunaannya”.

Menurut Duterte, militer Filipina telah diutus ke Rusia dan China untuk membahas pembelian senjata. Sebelumnya, Amerika Serikat adalah sumber utama pemasok senjata ke Filipina.

Sementara Manila dalam beberapa tahun terakhir ini, membeli senjata dengan jumlah besar ke korea Utara dan Jepang. Namun, angkatan bersenjatanya masih  berada diurutan terakhir dalam persenjataan di Asia Tenggara.

Dalam salah satu pidato petamanya sejak ia menjabat sebagai Presiden Filipina pada 30 Juni lalu, Duterte menegaskan niatnya yang akan memberikan jenis senjata terbaik pada Angkatan Bersenjata Nasional Filipina. [Sfa]

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: