Amerika

Donald Trump Bekukan Bantuan 125 Juta Dolar Untuk Pengungsi Palestina

Sabtu, 06 Januari 2018 – 08.14 Wib,

SALAFYNEWS.COM, AMERIKA SERIKAT – Pemerintah Amerika Serikat (AS) resmi membekukan dana bantuan sebesar USD 125 juta untuk pengungsi di Palestina. Hal tersebut diputuskan beberapa hari setelah Presiden AS Donald Trump mengancam akan memutus bantuan ke Palestina demi memaksanya ikut perundingan damai.

Baca: KEJAM! Tak Mau Damai dengan Israel, AS Potong Bantuan Bagi Palestina

Dilansir dari Reuters dan Channel News Asia, Sabtu (6/1/2018), pendanaan tersebut adalah sepertiga dari sumbangan tahunan AS ke badan bantuan dan PBB. Bantuan ini dibekukan sampai pemerintah AS menyelesaikan peninjauan kembali bantuannya kepada otoritas Palestina.

Beberapa waktu lalu, Trump menyatakan akan menahan uang bantuan ke Palestina. Dia juga pernah mencuitkan bahwa AS menyesal memberikan bantuan ke Pakistan.

Baca: Amerika Resmi Tahan Bantuan 3,5 Triliun ke Pakistan

“Amerika Serikat dengan bodohnya telah memberi Pakistan lebih dari 33 miliar dollar (AS) dalam bentuk bantuan selama 15 tahun terakhir dan mereka tidak memberikan apa-apa, kecuali kebohongan dan penipuan, berpikir para pemimpin kita bodoh,” cuit Trump.

Mengacu pada website United Nations Relief and Works Agency for Palestine Refugees in the Near East (UNRWA), sepanjang 2016, AS telah menyumbang untuk agen tersebut sebesar hampir USD 370 juta (sekitar Rp 4,99 triliun).

Sebelumnya, Palestina menegaskan Yerusalem tidak dijual dan pihaknya tidak bisa ‘diperas’ oleh Trump. Palestina menilai Trump telah melakukan langkah sabotase.

Baca: Yerusalem Ibu Kota Israel Cara Trump Usir Warga Palestina

“Presiden Trump telah menyabotase pencarian kami untuk perdamaian, kebebasan dan keadilan. Sekarang dia berani menyalahkan Palestina atas konsekuensi dari tindakannya sendiri yang tidak bertanggung jawab!” tegas pejabat senior Palestina, Hanan Ashrawi, dalam pernyataannya, seperti dilansir AFP, Rabu (3/1). (SFA)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: