Amerika

Dokumen Bocor, Pangeran Saudi dan Qatar Bantu Teroris Al-Qaeda dan ISIS

Sabtu, 29 April 2017 – 11.04 Wib

SALAFYNEWS.COM, WASHINGTON – Sebuah dokumen penting bocor milik kedutaan besar Qatar di Washington, yang dikirim ke Menteri Luar Negeri Qatar Mohammad bin Abdul Rahman Al Tsani tertanggal 26 oktober 2016, yang mengungkapkan tentang adanya dukungan dari Wakil Putra Mahkota Saudi, Pangeran Mohammed bin Salman dan Putra Mahkota Abu Dhabi Mohammed bin Zayed terhadap sejumlah tokoh senior al-Qaeda di semenanjung Arab. (Baca: Operasi Kotor Saudi, Qatar dan Turki di Balik Aksi Terorisme Dunia)

Menurut dokumen tersebut, Wakil Menteri Keuangan AS untuk informasi keuangan terorisme mengungkapkan bahwa Pangeran Saudi Mohammed bin Salman dan Putra Mahkota Abu Dhabi Mohammed bin Zayed terus berada di samping Ali Abkar al-Hassan dan Abdullah Faisal al-Ahdal yang termasuk dalam daftar sanksi AS karena hubungan dekat keduanya dengan organisasi teroris al-Qaeda.

Dokumen tersebut berisi informasi rinci tentang aktivitas keduanya yakni Abdullah bin Faisal al-Ahdal dan Ali Abkar al-Hassan dalam mendukung organisasi teroris al-Qaeda dan ISIS serta mengungkap tentang aliran dana segar yang telah diberikan langsung oleh pimpinan intelijen Saudi Khalid bin Ali bin Abdullah al-Humaidan kepada Ali Abkar yang digunakan untuk membeli sejumlah perlengkapan yang kemudian dikirimkan kepada ISIS. (Baca: Wikileaks Bongkar Email Hillary Tentang Aliran Dana Saudi-Qatar Untuk ISIS)

Wakil Menteri Keuangan AS menyatakan kekhawatirannya karena pangeran Saudi Mohammed bin Salman telah bekerja sama dengan organisasi teroris al-Qaeda dan kelompok-kelompok ektrimis lainnya tanpa berkoordinasi dengan AS. Wakil Menteri Keuangan AS ini juga mengungkapkan ketidakpuasan AS pada ekspansi dan perluasan yang dilakukan al-Qaeda di Yaman dan negara-negara tetangganya. (SFA)

Sumber: Middleeast Mepanorama.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: