Fokus

DK PBB Akan Bantu Irak Bawa Penjahat ISIS ke Pengadilan Internasional

Senin, 18 September 2017 – 07.30 Wib,

SALAFYNEWS.COM, NEW YORK – Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa sedang menyusun sebuah resolusi yang akan memberi wewenang kepada penyelidik PBB untuk membantu Irak mengumpulkan bukti-bukti untuk menuntut teroris ISIS ke pengadilan internasional karena telah melakukan kejahatan perang.

Baca: ISIS Irak Semakin Terjepit Pasca Pemerintah Setujui Serangan Rusia

Seorang diplomat, yang meminta namanya dirahasiakan, mengatakan pada hari Sabtu bahwa Dewan Keamanan berharap dapat memberikan keputusan tersebut untuk memberikan suara pada Kamis depan.

Rancangan resolusi tersebut memerintahkan Sekjen PBB Antonio Guterres dengan membentuk tim investigasi untuk membantu Irak dalam menyimpan bukti “yang mungkin merupakan kejahatan perang, kejahatan terhadap kemanusiaan dan genosida” oleh ISIS.

Duta Besar Inggris untuk PBB Matthew Rycroft mengkonfirmasi beberapa bulan yang lalu bahwa resolusi tersebut dimaksudkan untuk membantu Irak “dengan tantangan yang sulit namun penting untuk melestarikan sejumlah besar bukti kejahatan ISIS yang dilakukan di wilayah Irak.”

Baca: Sekjen Hizbullah: Netanyahu & Israel Menangis atas Kekalahan ISIS di Suriah-Irak

Menteri Luar Negeri Irak Ibrahim al-Jaafari juga mengatakan bulan lalu dalam sebuah surat yang ditujukan kepada kepala PBB bahwa pemerintah di Baghdad sedang mengerjakan rancangan resolusi Dewan Keamanan tersebut.

“Kejahatan yang dilakukan oleh organisasi teroris ISIS terhadap warga sipil dan penghancuran infrastruktur dan situs arkeologi di Irak adalah kejahatan terhadap kemanusiaan, yang membuatnya penting untuk membawa pelaku dari gerombolan teroris ISIS ke pengadilan, sesuai dengan hukum Irak, surat itu berbunyi.

Baca: ISIS Rampok Bank-bank Milik Pemerintah Irak Ratusan Juta Dolar

ISIS melakukan sebuah kampanye pembantaian dan penghancuran di Irak pada tahun 2014, menyita Mosul dan menyatakannya berdirinya Negara Islam (IS) di Timur Tengah. (SFA)

Sumber: PTV

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: